Senin 23 Feb 2015 17:33 WIB

Bunga KPR Turun

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Dwi Murdaningsih
Rumah KPR
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Rumah KPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyebut telah menurunkan suku bunga KPR. Penurunan ini ditempuh menyusul turunnya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) dari 7,75 persen menjadi 7,5 persen.

"Kami sudah menurunkan daripada KPR-KPR yang lama. Ya setelah BI rate," kata Direktur Utama BTN, Maryono di kantor wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Senin (23/2).

Direktur BTN, Mansyur S Nasution mengatakan, suku bunga KPR non subsidi turun sekitar 75 basis point. Sedangkan suku bunga KPR subsidi non FLPP turun sekitar 200 basis poin. Untuk suku bunga FLPP masih di kisaran 7,25 persen.

"Kurang lebih untuk yang non subsidi rangenya turun sekitar 75 basis point, di 0.75 persen. Tergantung segmennya. Untuk yang subsidi, bukan FLPP ya, subsidi diluar FLPP karena FLPP itu kan 7,25 persen. Di luar itu kita turunkan di sekitar 200 basis poin itu tadi pak dirut sudah putuskan 2 persen turun. Tergantung pada segmennya," katanya. 

Sedangkan, dirut BTN Maryono mengatakan saat ini bunga KPR skema FLPP masih dipatok sebesar 7.25 persen. Sedangkan, suku bunga untuk KPR subsidi non-FLPP turun sebesar dua persen, sekitar 11.5 hingga 12 persen dari 13.5 persen - 14 persen. "Jadi kalau misalnya ada yang subsidi, diluar FLPP ya, kalau subsidi sekarang bunganya 13,5 persen turun menjadi 11,5 persen. Kalau dia (bunga) 14 persen, turun jadi 12 persen," tutur Maryono.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement