Senin 23 Feb 2015 16:17 WIB

Pasar Saham Eropa Menguat Didukung Kesepakatan Utang Yunani

Pasar Saham Eropa
Foto: Reuters
Pasar Saham Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pasar-pasar saham utama Eropa dibuka menguat pada Senin (23/2), setelah para menteri zona euro untuk sementara setuju memperpanjang dana talangan (bailout) Yunani selama empat bulan.

Indeks acuan FTSE 100 di London naik 0,40 persen menjadi 6.942,70 poin dibandingkan dengan penutupan Jumat (22/2). Indeks DAX 30 di Frankfurt naik 0,90 persen menjadi 11.150,47 poin dan indeks CAC 40 di Paris bertambah 0,85 persen menjadi 4.872,13 poin.

Yunani sedang memberikan sentuhan akhir untuk proposal reformasi yang harus diserahkan kepada para kreditur Eropa pada Senin, berusaha untuk menyeimbangkan komitmennya berdasarkan kesepakatan utang

dengan membatasi ambisi anti-penghematan. Para menteri keuangan Eropa memberi Athena batas waktu pada Jumat untuk menyajikan proposal yang akan meyakinkan para kreditur untuk memberikan perpanjangan utang dana talangan selama empat bulan.

"Dukungan positif datang setelah berita Jumat bahwa Yunani dan Eurogroup telah mencapai kesepakatan tentatif untuk perpanjangan dana talangan selama empat bulan," kata Mike van Dulken, kepala penelitian di perusahaan perdagangan Accendo Markets.

"Kesepakatan itu menyerukan para pejabat Yunani dan Eropa untuk menyetujui serangkaian reformasi pada akhir April, ketika Yunani menyajikan daftar langkah-langkah reformasi pertamanya masih tunduk pada validasi oleh Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Sentral Eropa (ECB) dan Komisi Eropa hari ini," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement