Rabu 21 Jan 2015 18:38 WIB

Jonan: Jangan Ada Lagi Pembangunan Jalur Kereta Cepat di Jawa

Rep: C87/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menhub Ignasius Jonan.
Foto: Antara
Menhub Ignasius Jonan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, membatasi pembangunan kereta cepat di Pulau Jawa dalam lima tahun ke depan. Pembangunan jalur kereta api difokuskan di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi, serta Papau.

Jonan mengatakan, selama lima tahun Kemenhub tidak akan bangun kereta api cepat di Jawa. Melainkan Kemenhub akan akan menyambung jalur kereta api di Sumatera Rantau Prapat-Kertapai-Palembang melewati Sumatra Barat sepanjang hampir 1400 km double track dan track sama.

Ditargetkan, jalur Trans Sumatera dalam satu sampai dua tahun pembebasan lahan bisa selesai.  Selain itu, pembangunan jalur Trans Kalimantan Pontianak-Balikpapan, serta jalur Sulawesi Makassar-Manado. Kemudian jalur Papua dan Papua Barat Kemenhub akan mencoba Sorong-Manokwari sepanjang 400 km.

“Jangan ada pembangunan kereta cepat di Jawa, walaupun pinjaman luar negeri. Kalau dibayar pakai APBN kasihan. Banyak di daerah yang lihat kereta saja tidak pernah. Kecuali swasta mau high speed train full, silakan,” ujar Jonan dalam rapat bersama Badan Anggaran DPR RI, di Senayan, Rabu (21/1).

Selain itu, Kemenhub juga akan membangun BRT di 34 kota, 3.000 bus standar di 34 ibukota provinsi dan kota besar. Untuk penyelesaian regulasi ditargetkan selesai dalam dua sampai tiga tahun.

Jonan mengatakan semua transportasi umum basis jalan raya harus pakai AC. Menurutnya, semua alat transportasi umum yang sedang berjalan harus tertutup, kalau tertutup tidak bisa kalau tidak pakai AC.

“Tantangan paling besar ini semua belum tentu bisa terserap, yang mengerjakan tidak ada, arahan pak Presiden diusahakan kontraktor atau rekanan banyak dari daerah agar uang tidak balik ke Jakarta, kami usahakan itu tanpa melanggar peraturan,” jelas Jonan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement