Selasa 20 Jan 2015 19:59 WIB

Uni Eropa Cabut Larangan Impor Mangga India

Rep: c 02/ Red: Indah Wulandari
Mangga India
Foto: reuters
Mangga India

REPUBLIKA.CO.ID,INDIA – Larangan impor mangga ke Uni Eropa dicabut, Selasa (20/1). Hal ini dilakukan Uni Eropa agar India bisa kembali ke Inggris dan negara-negara anggota lainnya.

Namun, bahan makanan lain seperti terong India, labu dan rempah-rempah untuk memasak akan tetap dibatasi. Pengiriman mangga India tersebut dilarang pada Mei 2014 lalu.  Karena ditemukan lalat buah pada mangga India yang dikirim ke Eropa.

Rapat Komite komisi Eropa menyebutkan, India telah melakukan memperbaiki kesalahan lalu dalam mengekspor mangga India.  KAntor berita Reuters melansir, pemerintah Inggris  yang tergabung dalam rapat komite tersebut, berusaha keras agar komite Uni Eropa segera cabut larangan tersebut.

Menteri lingkungan Hidup Inggris Lord de Mauley mengatakan, Inggris telah bekerjasama dengan India dan Eropa untuk mengatasi masalah ekspor mangga India.  Ia merasa senang karena usahanya memperjuangkan mangga India diterima kembali di Uni Eropa.

Menurut Lord de Mauley, keputusan ini menunjukan adanya perbaikan kesalahan yang dibuat India saat mengekspor mangga. Katanya, standar pengiriman tersebut penting dalam pengiriman buah, untuk menjaga kesehatan.  Hal ini sudah diperbaiki India. Lord berharap masalah yang sama tidak terulang kembali dalam pengirman barang

Impor mangga India, kata Lord de Mauley, akan dilaksanakan kembali dalam kurun satu bulan. Setelah undang-undang Uni Eropa baru resmi diadopsi dan diterbitkan oleh Komisi Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement