Kamis 15 Jan 2015 05:45 WIB

Ini Sebab Investor Asing Terus Banjiri Pasar Modal Indonesia

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Julkifli Marbun
Pasar modal
Pasar modal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Investor asing membanjiri pasar modal dinilai karena faktor investor lokal yang masih belum tertarik terjun ke pasar modal. Alasannya, tingkat keamanan instrumen investasi tersebut.

PT Investa Saran Mandiri Kiswoyo mengatakan, investor lokal masih cenderung mencari instrumen investasi aman. "Seperti deposito," kata dia kepada Republika, Rabu (14/1) sore.

Menurut Kiswoyo, investor asing membanjiri pasar modal Indonesia karena optimistis peringkat investasi akan semakin baik. Selain itu, dengan penghapusan subsidi BBM jenis premium membuat Indonesia semakin dilirik investor asing.

Alasan lainnya, kata dia, investor asing tertarik masuk ke Indonesia karena Presiden Joko Widodo. Artinya, Presiden Jokowi menimbulkan optimisme investor.

Dia menerangkan, deposito masih menjadi primadona investor Indonesia. Pasalnya, dinilai sebagai instrumen investasi teraman oleh investor.

Menurut Kiswoyo, para investor awam harus diedukasi agar tertarik untuk terjun ke dunia pasar modal. Para investor awam itu tentunya yang sudah melek IT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement