Selasa 06 Jan 2015 13:35 WIB

Sektor Perikanan Siap Hadapi MEA 2015

Rep: C85/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Foto: rri.co.id
Kementerian Kelautan dan Perikanan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Jelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015, Kementerian  Kelautan  dan  Perikanan  (KKP) menyadari peran strategis SDM sektor kelautan dan perikanan sebagai agen perubahan. Sebab, dalam MEA mendatang, masyarakat dihadapkan pada persaingan global.

Untuk itu, KKP melalui Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) telah menyelenggarakan berbagai kegiatan di bidang pendidikan, pelatihan maupun penyuluhan. Hal ini untuk meningkatkan kapasitas masyarakat sehingga produktivitas dan pendapatan yang dihasilkannya bertambah.

Alhasil, kehidupan masyarakat di sektor ini menjadi lebih sejahtera. Hal ini dikarenakan KKP menyadari bahwa pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan,adalah kunci keberhasilan memenangi persaingan MEA 2015.

“Pengembangan SDM KP ini sangat penting, karena mengelola sumberdaya alam kelautan dan perikanan pada hakekatnya adalah mengelola SDM-nya,” ujar Kepala BPSDM KP Suseno Sukoyono, Senin (5/1). Suseno melanjutkan, capaian pada TA 2014 adalah kompetensi SDM kelautan dan perikanan sesuai kebutuhan sebanyak 73.279 orang. Angka tersebut hasil pengembangan SDM KP melalui pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan.

Di bidang pendidikan, BPSDM KP melahirkan 1.665 lulusan satuan pendidikan pada TA 2014. Sebanyak 80 persen lulusan tersebut bekerja sebagai tenaga professional di dunia usaha/industri dan berwirausaha, sementara sisanya bekerja di pemerintahan dan melanjutkan pendidikan.

Lulusan satuan pendidikan BPSDM KP telah tersebar tak hanya di pelosok nusantara, namun juga manca negara. Seperti Amerika Serikat, Uruguay, Spanyol, Perancis, Belanda, Belgia, Rusia, Mozambik, Uni Emirat Arab, China, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Filipina, Australia, Fiji, Kepulauan Solomon, dan negara lainnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement