Kamis 25 Dec 2014 14:31 WIB

PTPN Siapkan Pabrik Gula Baru di Banyuwangi

Rep: c78/ Red: Taufik Rachman
Pabrik gula, ilustrasi
Pabrik gula, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JEMBER—PT Perkebunan Nusantara (PT PN), terdiri dari PT PN XI, PT PN XII, PT PN III, berencana menambah pabrik gula baru di Glenmore, Banyuwangi. Direncanakan, kapasitas pabrik akan menghasilkan 10-12 ribu ton gula per hari.

 “Sekarang sedang pembangunan, target rampung menurut rencana yakni dua tahun,” kata Kepala Urusan Penelitian PT PN XI Nurmalasari pada Rabu (24/12). Sementara, operasi direncanakan akan dimulai pada musim giling 2016.

Badan Usaha Milik Negara bidang agribisnis perkebunan dengan bisnis utama gula tersebut telah mengoperasikan 16 unit pabrik di kawasan Jawa Timur dengan total kapasitas terpasang 42 ribu ton tebu per hari. Pada 2012, produksi gula PTPN XI sekitar 408 ribu ton dan pada 2013 meningkat sekitar 10-20 persen.

Dalam proses produksinya, lanjut Nurmala, PT PN XI mengadopsi teknologi pembibitan tebu dengan model single bud planting atau SBP di mana  dilakukan penanaman tunas tunggal untuk meningkatkan produktivitas tanaman serta efisiensi penggunaan bibit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement