Kamis 11 Dec 2014 08:59 WIB

Jepang Raih Top Country Brand 2014

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
CEO Toshiba Corp Hisao Tanaka
Foto: reuters
CEO Toshiba Corp Hisao Tanaka

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Setiap tahunnya, lembaga konsultan merek, Future Brand merilis indeks brand negara-negara di dunia. Tahun ini, Jepang keluar sebagai negara dengan brand (merek) terbaik di dunia.

Indeks ini diukur berdasarkan persepsi global masing-masing negara. Bukan hanya kualitas dan kepopuleran produk ekspor, melainkan juga memperhitungkan aspek sosial. Dari 10 negara dengan brand terbaik, Jepang terpilih menempati posisi pertama.

Dilansir dari RocketNews24, Kamis (11/12), Jepang bukan hanya negara Asia pertama yang menyalip Eropa, namun juga satu-satunya negara di Asia yang masuk dalam posisi 10 besar. Singapura ada di posisi ke-14, sedangkan Korea Selatan ke-20.

Melalui penelitian mereka, Future Brand menemukan bahwa desain produk dan manufaktur sangat penting bagi konsumen ketika membeli sebuah barang. Berikutnya adalah keamanan, harga, ketersediaan, dan gaya. 

Brand terbaik dari Jepang itu didominasi oleh teknologi (78 persen), khususnya Toshiba dan Nike, disusul produk elektronik konsumen (65 persen), dan otomotif (59 persen).

Sembilan negara lain yang berada di bawah Jepang, yaitu peringkat 2-10 adalah Swiss, Jerman, Swedia, Kanada, Norwegia, Amerika Serikat, Australia, Denmark, dan Austria. Daya tarik budaya dan masyarakat Jepang juga memainkan peran besar dalam peringkat ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement