Senin 08 Dec 2014 18:54 WIB

Wow, Menteri Susi Tangkap Lagi 25 Kapal Nakal

Rep: C85/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
TNI tenggelamkan kapal asing pencuri ikan
Foto: Puspen TNI
TNI tenggelamkan kapal asing pencuri ikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Setelah penenggelaman kapal di Anambas minggu lalu, pemerintah tak lantas puas. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengumumkan, kemarin Ahad (7/12) KKP bersama dengan TNI AL menangkap 25 kapal pencuri ikan di perairan timur Indonesia. 25 kapal tersebut terdiri dari 22 kapal Cina dan 3 kapal lokal yang habis masa izinnya.

"Mereka masih bermain belakang salah satu bukti terkuat, kami masih menangkap 22 kapal-kapal dengan AIS (automatic identification system) dari Tiongkok dengan kapasitas 300 GT. Mereka masih melakukan penangkapan di laut Arafuru," jelas Menteri Susi, Senin (8/12).

Selain 22 kapal Cina, ditangkap juga tiga kapal lokal dengan nama KM Manokwari 1, 2, dan 3. Kapal ditemukan habis masa izinnya dan melakukan penangkapan dengan metode yang menyalahi aturan. "Konsekuensinya kita cabut SIPI (surat izin penangkapan ikan) dan SIKPI (surat izin kapal pengangkut ikan)," lanjut Susi.

Untuk itu, Menteri Susi menyatakan telah meminta untuk melakukan dialog dengan duta besar Cina terkait hal ini. "Saya sudah meminta untul menghubungi dubes Cina untuk bisa berbicara tentang hal ini. Karena kita sudah lakukan pendekatan persuasif. Komitmen seluruh negara di dunia tas praktek illegal fishing dan intruding suatu kedaulatan negara," lanjutnya.

Selain bentuk dialog, Menteri Susi menyatakan telah melayangkan nota resmi yang diberikan kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk kemudian diberikan kepada Dubes Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement