Kamis 27 Nov 2014 20:31 WIB

Pertamina Siap Kelola Blok Mahakam

Lapangan Migas Blok Mahakam.
Foto: IST
Lapangan Migas Blok Mahakam.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Pertamina (Persero) mengirim surat resmi kesiapan mengelola 100 persen kepemilikan hak partisipasi Blok Mahakam, Kaltim, pascahabis kontrak 31 Desember 2017 kepada Menteri ESDM Sudirman Said.

Pelaksana Tugas Dirut Pertamina M Husen dalam rilis di Jakarta, Kamis, mengatakan surat tersebut berisi penegasan kembali minat Pertamina mengelola Mahakam seperti disampaikan ke pemerintah sejak 2008."Surat sudah disampaikan hari ini," katanya.

Menurut dia, Pertamina telah memiliki kemampuan secara teknis dan finansial mengelola Blok Mahakam. Pertamina, katanya, terbukti meningkatkan produksi blok lepas pantai Offshore North West Java (ONWJ) dan West Madura Offshore (WMO) pascapengambilalihan.

"Kami berharap pemerintah segera memutuskan penetapan Pertamina sebagai pengelola Blok Mahakam agar ada transisi operasi yang cukup," ujarnya.

Husen juga mengungkapkan kecenderungan dunia saat ini perusahaan nasional (national oil company/NOC) mendominasi penguasaan sumber daya migas di negaranya dengan tujuan menjamin ketahanan energi.

Sejauh ini, penguasaan sumber daya migas nasional oleh Pertamina masih relatif rendah dibandingkan dengan NOC di negara lainnya.

"Oleh karena itu, saat ini adalah tepat memberikan peran lebih besar kepada Pertamina selaku NOC Indonesia. Dengan peningkatan porsi penguasaan sumber daya migas oleh Pertamina, maka akan memberikan arti penting bagi Indonesia dalam menjaga ketahanan energi nasional," ujarnya.

Ia juga menambahkan saat ini, Pertamina sedang melakukan "data room" Blok Mahakam untuk memahami kondisi teknis dan operasional dari wilayah kerja tersebut.

Pertamina selanjutnya akan mengirimkan proposal pengelolaan Blok Mahakam secara komprehensif dalam waktu tiga bulan mendatang.

Husen mengatakan Pertamina akan menjaga keberlangsungan operasi pasca pengambilalihan Mahakam, baik dari sisi operasional maupun sumber daya manusia.

Sebagaimana pengalaman pengambilalihan beberapa blok lainnya, para pekerja yang sebagian besar putra-putri Indonesia terus melanjutkan pengelolaan di bawah Manajemen Pertamina.

"Untuk menjamin kelancaran pengambilalihan operasi, sekali lagi kami mengusulkan agar penetapan Pertamina sebagai pengelola Blok Mahakam dapat segera dilakukan," ujar Husen.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement