Jumat 31 Oct 2014 00:00 WIB

Pembangunan Kilang Jadi Solusi Masalah BBM

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pabrik Kilang Gas di Arun
Foto: ANTARA
Pabrik Kilang Gas di Arun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembangunan kilang dinilai bisa menjadi solusi masalah bahan bakar minyak (BBM). Selain itu, pembangunan pipa gas juga dianggap bisa menjadi solusi lainnya.

Mantan Mantan Menteri Pertambangan dan Energi (sekarang ESDM) Kuntoro Mangkusubroto mengatakan, pembangunan kilang dan pemipaan gas bisa menyelesaikan akar masalah BBM. ''Yang seperti itu yang perlu diselesaikan,'' kata dia, Kamis (30/10) sore.

Menurut Kuntoro, masalah kenaikan tarif BBM Kementerian Keuangan yang mesti bicara. Pasalnya, Kementerian ESDM hanya mengurusi masalah pengamanan atau stok dan penyaluran BBM.

Sebelumnya, Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, membangun kilang merupakan tugas yang sulit namun, penting bagi masa depan Indonesia. Selain itu, membangun pusat-pusat penyimpanan BBM juga sulit tapi penting untuk masa depan nasional.

Sudirman menegaskan, pihaknya akan meninjau seluruh hal yang membuat pembangunan kilang tertunda. ''Akan kita dorong,'' ujar dia.

Hal tersebut, kata Sudirman, sudah diarahkan oleh Presiden Joko Widodo. Pasalnya, daya tahan energi bergantung pada penyimpanan yang cukup agar tidak tergantung dengan pasar.

Dia menilai, Indonesia adalah negara yang membeli BBM dalam jumlah besar. Sudirman melanjutkan, tidak masuk akal negara didikte oleh pasar. ''Harusnya negara yang rule pasar,'' jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement