Selasa 28 Oct 2014 12:08 WIB

Ketua dan Wakil Ketua BPK Mengucap Sumpah Jabatan

Rep: C87/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Badan Pemeriksa Keuangan
Foto: ANTARA/Andika Wahyu
Badan Pemeriksa Keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua dan Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2014-2019 mengucapkan sumpah jabatan di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung (MA), Selasa (28/10). Ketua BPK terpilih yakni Harry Azhar Azis, sedangkan Wakil Ketua BPK, Sapto Amal Damandari. Harry menggantikan Ketua BPK sebelumnya yakni Rizal Djalil.

Pengucapan sumpah jabatan dipandu oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial, Mohammad Saleh. Pengucapan sumpah tersebut memenuhi amanat Pasal 16 ayat 2 UU No 15 Tahun 2006 tentang BPK.

Pengucapan sumpah dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, para anggota BPK, para pimpinan lembaga negara, dan para Menteri Kabinet Kerja, serta para pejabat di lingkungan BPK dan Mahkamah Agung.

Ketua dan Wakil Ketua BPK terpilih secara sah dalam Sidang Anggota BPK yang berlangsung pada Selasa (21/10) dan telah ditetapkan dengan Keputusan Sidang Anggota BPK Nomor 9/K/I-XIII.2/10/2014. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BPK dilaksanakan oleh sembilan anggota BPK, yakni Moermahadi Soerja Djanegara, Harry Azhar Azis, Rizal Djalil, Achsanul Qosasi, Eddy Mulyadi Supardi, Sapto Amal Damandari, Agus Joko Pramono, Agung Firman Sampurna dan Bahrullah Akbar.

Prosedur tersebut sesuai dengan Pasal 15 ayat 2 UU No 15 Tahun 2006 tentang BPK yang menyatakan Ketua dan Wakil Ketua dipilih dari dan oleh anggota BPK, serta Peraturan BPK No 1 Tahun 2009 tentang Tata Cara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BPK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement