Sabtu 11 Oct 2014 23:12 WIB

Usaha Perkebunan Palawija Rugi Jutaan Rupiah

Petani menunjukkan kondisi tanah sawah padi berusia 30 hari yang mengalami gagal tanam akibat musim kemarau.
Foto: Antara/Feri Purnama
Petani menunjukkan kondisi tanah sawah padi berusia 30 hari yang mengalami gagal tanam akibat musim kemarau.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANJARMASIN -- Usaha perkebunan palawija seperti kacang tanah mengalami kerugian jutaan rupiah, karena musim kemarau panjang yang melanda Provinsi Kalimantan Selatan.

Keluarga Miah, warga Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalsel, Sabtu (11/10), mengungkapkan, sebelum tiba musim kemarau atau sekitar tiga bulan lalu menanam kacang tanah beberapa hektare (ha). "Namun ketika panen, hasilnya sangat jauh dari harapan atau sangat tidak menguntungkan," tutur ibu dari dua anak itu di kediamannya.

Sebagai contoh satu karung (goni) kacang tanah (masih pakai kulit) hasil panen pekan lalu, hanya mendapatkan isi sekitar satu ons. "Kan itu namanya rugi, karena tidak sesuai dengan modal atau tenaga yang keluar," katanya.

"Biasanya kalau keadaan baik, satu karung kacang tanah masih pakai kulit itu, hasil bersihnya minimal lima kilogram isi. Keadaan kacang kulit yang banyak kosong isinya, karena pengaruh musim kemarau panjang," ujarnya.

Padahal, pertumbuhan awal tanaman kacang tanah itu cukup baik. Tetapi akibat musim kemarau panjang hasil hampir tidak ada, ujar Miah. Kebon kacang tanah milik keluarga Miah itu di daerah Liang Anggang, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalsel (25 kilometer timur laut Banjarmasin).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement