Rabu 08 Oct 2014 13:53 WIB

BRI Dukung Pemerintah Salurkan Bansos Program Keluarga Harapan

Rep: Satya Festiani/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Bank Rakyat Indonesia
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Bank Rakyat Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk (BRI) membantu Pemerintah menyalurkan dana bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH). Metode penyaluran dilakukan dengan memanfaatkan produk T-Bank BRI, yaitu produk uang elektronik yang dikemas dalam bentuk rekening nomor handphone serta disalurkan melalui agen-agen BRI yang bertindak sebagai Layanan Keuangan BRI. 

BRI melakukan uji coba penyaluran dana bantuan PKH di wilayah Kelurahan Semper Barat Kecamatan Cilincing Jakarta Utara dan Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan dengan total penerima bantuan sebanyak 517 Keluarga Sangat Miskin (KSM). Penyaluran dilakukan mulai tanggal 8 Oktober 2014 di 1 agen BRI di wilayah Cilincing dan 9 agen di wilayah Pasuruan. 

Sekretaris Perusahaan BRI Budi Satria mengatakan, penyaluran dengan metode uang elektronik memberikan beberapa manfaat bagi para target penerima program bantuan PKH, yakni mendukung program pemerintah dalam dalam gerakan Less Cash Society serta membangun literasi keuangan ke lapisan masyarakat yang selama ini belum tersentuh layanan keuangan formal.

"BRI siap mendukung pemerintah untuk menyalurkan  bantuan PKH kepada masyarakat yang selama ini belum tersentuh oleh layanan keuangan formal," ujar Budi, Rabu (8/10). Penyaluran dana dengan cara ini juga memberikan kemudahan bagi penerima PKH.

Penerima tidak perlu menempuh jarak jauh ke kantor BRI ataupun institusi lain karena BRI menyalurkan dana bantuan melalui agen-agen yang berlokasi di dekat target penerima PKH. Sehingga tidak akan memberatkan penerima untuk mengeluarkan ongkos tambahan ke lokasi penyaluran.

Penyaluran melalui T-Bank diharapkan dapat lebih efisien mengingat kemudahan registrasi bagi penerima PKH serta tingkat keamanan penyaluran bantuan karena menggunakan sistem otorisasi PIN dan KODE AKSES yang unik bagi setiap pengguna T-Bank. 

Disamping kemudahan dalam proses penyaluran, Produk T-Bank yang dimiliki oleh Bank BRI memiliki beberapa keunggulan yang dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat. Diantaranya masyarakat tidak harus memiliki rekening simpanan di bank karena BRI telah bekerjasama dengan semua operator penyedia sarana komunikasi GSM untuk mempemudah layanan keuangan bagi masyarakat  disamping tentunya pelayanan melalui 10 ribu unit kerja BRI. 

Pengguna T-Bank juga dapat menarik uangnya di 20 ribu unit ATM BRI di seluruh Indonesia tanpa harus menggunakan kartu ATM BRI.  Disamping T-bank sebagai produk uang elektronik yang bisa diisi dan diuangkan, produk ini dapat dijadikan sebagai media belanja serta transaksi kebutuhan sehari-hari seperti pembelian pulsa handpone dan token PLN.

BRI mengharapkan proses uji coba ini dapat menjadi awal mula penerapan bentuk financial inclusion dimana bank mengenalkan jasa layanan keuangan tidak langsung melalui unit kerja formal melainkan melalui mitra kerjasama bank yang ditunjuk sebagai agen penyalur dan penyedia jasa perbankan sederhana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement