Selasa 23 Sep 2014 13:30 WIB

Kanada-Korsel Kompak Hapus Tarif Dagang Bilateral

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Kanada-Korsel
Foto: Reuters
Kanada-Korsel

REPUBLIKA.CO.ID,OTTAWA--Perdana Menteri Kanada Stephen Harper dan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye, menandatangani kesepakatan perdagangan bebas dan meluncurkan kemitraan strategis.

Selama pertemuan mereka di Ottawa, Harper dan Park menggarisbawahi hubungan bilateral ekonomi yang kuat.

“Berdasarkan perjanjian perdagangan bebas, kami akan menghapus tarif atas hampir semua barang yang diperdagangkan secara bilateral dalam satu dekade sejak diberlakukan, termasuk perdagangan barang dan jasa, investasi, pengadaan pemerintah dan kekayaan intelektual, serta kerja sama tenaga kerja dan lingkungan,” cetus Harper dikutip Reuters, Selasa (23/9).

Diperkirakan bahwa kesepakatan itu akan meningkatkan produksi ekonomi Kanada sebesar 1,7 miliar dolar AS dan meningkatkan ekspor barang dagangan Kanada ke Korea Selatan sebesar 32 persen. Total perdagangan barang antara kedua negara mencapai sekitar 10,8 miliar dolar AS pada 2013.

Kedua pemimpin menegaskan kembali komitmen bersama mereka untuk mendorong perjanjian yang mulai berlaku secepat mungkin.

Harper menyatakan dukungannya untuk inisiatif Park dalam unifikasi damai di Semenanjung Korea, yang akan memberikan kontribusi dalam meningkatkan perdamaian dan kemakmuran regional dan internasional.

Mereka juga sepakat untuk lebih memperkuat kerja sama yang sudah ada melalui organisasi multilateral seperti PBB, APEC dan G20.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement