Senin 15 Sep 2014 14:50 WIB

BJBS Gebrak Pasar Syariah di Banten

Rep: Sandy Ferdiana/ Red: Rahmat Santosa Basarah
BJB Syariah
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
BJB Syariah

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG – Bank BJB Syariah (BJBS) kembali menggebrak pasar bisnis syariah di Kota Serang, Provinsi Banten. Gebrakan kali ini berupa festival dan workshop BJBS yang berlangsung di Alun-alun Barat Kota Serang, Sabtu-Ahad (13-14/9). Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Wali Kota Serang Sulhi Choir, Kepala Bank Indonesia Serang, Direktur BJBS Ali Nuridin serta stakeholder terkait.

Menurut Direktur BJBS Ali Nuridin, BJBS memiliki komitmen untuk terus memperluas jaringan dan meningkatkan performa perusahaan. Ia mengungkapkan, per Agustus 2014, pengumpulan dana pihak ketiga (DPK) BJBS mencapai Rp 2,9 triliun. DPK itu terdiri atas tabungan senilai Rp 213 miliar, giro sebesar Rp 63 miliar dan deposito senilai Rp 2,42 triliun. ‘’Hingga akhir tahun ini, dipastikan akan terus tumbuh,’’ ujarnya.

Dalam mengembangkan bisnis, tutur Ali, BJBS saat ini telah memiliki delapan kantor cabang, 53 kantor cabang pembantu (KCP), tiga gerai, satu kantor kas dan 59 ribu jaringan ATM bersama. Kartu ATM BJBS juga, menurutnya dapat digunakan di 67 ribu jaringan ATM dan 270 ribu mesin EDC (electronic data capture). Ali menjelaskan untuk menopang pertumbuhan bisnis syariah, BJBS sengaja menyelenggarakan Festival dan workshop di kota-kota tertentu. Strategi ini, papar dia, memiliki low force namun high effect.

Menurut Ali event ini melibatkan sektor formal dan informal. Melalui event tersebut, menurut dia, akan terjalin silaturahmi dengan stakeholder, khususnya di Jabar, Banten, dan DKI Jakarta. Pihaknya pun sengaja menyediakan stand untuk diisi oleh komunitas dan produk UMKM dari nasabah binaan BJBS. Di antaranya pada komoditas bisnis fesyen, kuliner, handycraft, dan sembako.Dengan digelarnya acara ini akan terbangun forum bersama yang akan mengidentifikasi kebutuhan bisnis syariah di masing-masing daerah.

Sebab dalam kegiatan itu terdapat sesi saling berbagi pengalaman dan pengetahuan antara pelaku industri, regulator, dunia usaha, akademisi dan masyarakat. ‘’BJBS merupakan bank milik masyarakat. Keberadaannya harus menjawab kebutuhan masyarakat,’’ tambah Ali.Wakil Wali Kota Serang Sulhi Choir menyampaikan apresiasi kepada BJBS yang telah menggelar Festival dan Workshop BJBS di daerahnya. Menurut dia, perbankan syariah sangat relevan dengan daerahnya. Pihaknya sangat mendukung program BJBS dalam memperluas jaringan bisnisnya. ‘’Keberadaan perbankan syariah sangat penting untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di Serang,’’ tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement