Jumat 05 Sep 2014 10:51 WIB

Ada CPNS, Masyarakat Percaya Kondisi Ekonomi Membaik

Rep: Satya Festiani/ Red: Agung Sasongko
 Peserta tes Calon pegawai Negeri Sipil (CPNS) melakukan simulasi tes secara online di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (20/8).(Republika/ Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Peserta tes Calon pegawai Negeri Sipil (CPNS) melakukan simulasi tes secara online di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (20/8).(Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasi survei konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukan bahwa konsumen meyakini kondisi ekonomi saat ini lebih baik dari 6 bulan lalu. Hal itu terlihat dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) pada Agustus yang meningkat 1,7 poin menjadi 115,6.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan, kenaikan IKE didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini dibandingkan 6 bulan sebelumnya. "Indeks ketersediaan lapangan kerja naik sebesar 5,7 poin menjadi 103,2, tertinggi dalam 4 tahun terakhir," ujarnya, Jumat (5/9).

Pendorong perbaikan persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja tersebut adalah dibukanya 64 ribu lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 35 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah pada Agustus 2014.

Berdasarkan tingkat pendidikan, kenaikan indeks ketersediaan lapangan kerja tertinggi pada responden berpendidikan Pasca Sarjana. Sedangkan dari sisi usia, kenaikan indeks ketersediaan lapangan kerja terjadi pada kelompok responden berusia 20-30 tahun.

 

Peningkatan IKE terjadi di 11 kota. Kenaikan tertinggi terjadi di Mataram dan Palembang. Berdasarkan tingkat pengeluaran, kenaikan IKE tertinggi terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement