Ahad 24 Aug 2014 14:22 WIB

Ajaran Bung Karno Bisa Buat Koperasi Menjadi Besar

Logo Koperasi
Foto: wikipedia
Logo Koperasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Bidang Kelembagaan Koperasi dan UKM Setyo Heriyanto mengatakan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat koperasi menjadi besar. Di antaranya dengan semangat menerapkan Trisakti ajaran Bung Karno, yakni Kedaulatan Politik, Kedaulatan Ekonomi, dan Kedaulatan Budaya.

"Artinya secara politis Indonesia dapat duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan bangsa dan negara lain.” ujar Setyo, Sabtu (24/8).

Setyo melanjutkan, untuk mewujudkan Kedaulatan Ekonomi adalah bidang yang seharusnya, merupakan bidang yang harus menjadi tanggung jawab koperasi, terutama koperasi-koperasi jenis produsen. Contohnya, semua produk-produk yang ada di dapur setiap rumah tangga itu mestinya adalah hasil dari produksi dari koperasi produsen.

Sedangkan Kedaulatan Budaya, menurut Setyo merupakan hal yang harus tetap dipertahankan dengan memelihara dan melestarikan budaya bangsa agar tidak terkikis oleh budaya asing. Untuk itu, festival-festival seni budaya lokal harus selalu diselenggarakan. 

Ke depan, lanjut Setyo, koperasi harus melakukan transformasi/perubahan dari cara-cara pengelolaan secara tradisional menuju penerapan manajemen modern. Selain itu, mengubah cara pandang dari semangat mengelola paguyuban menjadi semangat mengelola badan hukum.

“Jadi diperlukan juga perubahan sikap mental dilingkungan pelaku, pegiat, dan pembina koperasi, sehingga koperasi sanggup menjadi sokoguru perekonomian nasional,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement