Jumat 08 Aug 2014 17:19 WIB

Kebijakan Larangan Impor Rusia Rugikan Pertanian Denmark

Seorang wanita membeli ikan di sebuah supermarket di St. Petersburg, Rusia, Kamis (7/8).
Foto: EPA/Anatoly Maltsev
Seorang wanita membeli ikan di sebuah supermarket di St. Petersburg, Rusia, Kamis (7/8).

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN -- Keputusan terbaru Rusia untuk melarang impor dari negara-negara Uni Eropa akan memiliki dampak besar pada sektor pertanian Denmark dan mengurangi ekspor miliaran kroner. Demikian kata seorang pejabat pertanian pada Kamis.

''Salah satu bagian penting dari ekspor pertanian Denmark diperkirakan akan dikenakan sanksi perdagangan Rusia,'' kata CEO Dewan Pertanian dan Pangan Denmark (DAFC), Soren Gade, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

''Daftar produk yang akan dikenakan pembatasan perdagangan mewakili nilai ekspor sekitar 3,5 miliar kroner (631 juta dolar AS),'' kata Gade.

Perdana Menteri Rusia, Dmitry Medvedev, pada Kamis mengatakan bahwa Rusia memberlakukan larangan impor makanan dari Uni Eropa dan Amerika Serikat sebagai pembalasan untuk sanksi Barat terhadap Moskow atas krisis Ukraina.

Rusia adalah pasar terbesar kedua di Eropa untuk makanan dan minuman. Ekspor makanan dan bahan baku ke Rusia mencapai senilai 12,2 miliar euro pada 2013, setelah beberapa tahun tumbuh dua digit.

"Sanksi Rusia jelas serius dan mereka mempengaruhi hampir semua jenis produk pertanian," kata Gade. "Kami berharap bahwa solusi politik untuk konflik ini akan ditemukan secepatnya pada kepentingan semua pihak yang terlibat.''

sumber : Antara/Xinhua-OANA

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement