Kamis 07 Aug 2014 13:35 WIB

Program dan Layanan UPP Utama (2)

Pelayanan komplain di UPP Utama
Foto: Humas Palyja
Pelayanan komplain di UPP Utama

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- JAKARTA -- Penanganan dan pelayanan distribusi air bersih terus dilakukan seoptimal mungkin oleh PT Palyja. Karenanya, lembaga usaha yang sekaligus menjadi mitra Pam Jaya  ini menyediakan pelayanan komplain masyarakat.

Penangaan komplain ini menjadi sebuah produk layanan UPP Utama yang bertujuan untuk melakukan penanganan terhadap keluhan-keluhan administrasi pelanggan. Beberapa keluhan administrasi pelanggan yang seringkali diterima oleh UPP Utama adalah sebagai berikut:

•Rekening Tinggi (High Bill)
Keluhan terkait rekening bulanan yang terlalu tinggi atau diasumsikan oleh pelanggan tidak sesuai dengan pemakaian dan hasil pembacaan meter yang mereka terima setiap bulan.

•Rekening Terlambat (Undelivered Bill)
Keluhan terkait rekening bulanan yang belum diterima oleh pelanggan sampai pada batas waktu tertentu.

•Meter Air Rusak/Error (Water Meter Broken/Error) Keluhan terkait kondisi meter air yang tidak normal atau diasumsikan tidak normal oleh pelanggan sehinggga dikhawatirkan akan mempengaruhi jumlah kubikasi yang tercatat atau rekening yang tercetak.

•Meter Air Mati (Water Meter Off) Keluhan terkait kondisi meter air yang berada dalam kondisi mati atau diasumsikan mati oleh pelanggan sehinggga dikhawatirkan akan mempengaruhi jumlah kubikasi yang tercatat atau rekening yang tercetak.

•Permohonan Kalibrasi Meter Air (Request For Water Meter Calibration) Permohonan kalibrasi lebih merupakan suatu kondisi dimana pelanggan merasa ragu atau berasumsi bahwa kinerja meter air mereka tidak berfungsi dengan baik sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi jumlah kubikasi yang tercatat atau rekening yang tercetak. Permohonan kalibrasi akan dikenakan biaya sesuai dengan ukuran meter air (penetapan biaya sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku).

Skema Proses Penanganan Keluhan Administrasi di UPP Utama :

Komplain diterima, lalu costumer servive (CS) meneruskan komplain ke section terkait, selanjutnya Section melakukan pengecekan ke lapangan, kemudian Dilakukan perbaikan hingga Selesai

Penanganan Komplain Teknis

Merupakan sebuah produk layanan UPP Utama yang bertujuan untuk melakukan penanganan terhadap keluhan-keluhan tehnik pelanggan. Beberapa keluhan tehnik pelanggan yang seringkali diterima oleh UPP Utama Palyja adalah sebagai berikut:

•Suplai Air Palyja Terhenti (Water Supply Disturbance)
Keluhan terkait kondisi suplai air Palyja yang terhenti sehingga kebutuhan air pelanggan tidak dapat terpenuhi dengan maksimal.

•Debit Air Menurun (Low Pressure) Keluhan terkait kondisi suplai air Palyja yang mengalami penurunan cukup signifikan sehingga kebutuhan air pelanggan tidak dapat terpenuhi dengan maksimal.

•Kualitas Suplai Air Palyja (Water Quality Condition). Keluhan terkait kondisi kualitas air Palyja yang diasumsikan pelanggan tidak layak konsumsi. Biasanya terlihat dari ciri-ciri fisik air seperti warna air yang keruh, ditemukannya mikroorganisme tertentu, berpasir, dan berbau.

•Ditemukan Bocoran (Leakage Detection) Keluhan terkait asumsi pelanggan terhadap kebocoran yang mungkin terjadi baik pada jaringan internal pelanggan (internal network) maupun jaringan Palyja (external network).

Skema proses penanganan keluhan teknis di UPP Utama Palyja:

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement