Selasa 05 Aug 2014 17:40 WIB

Transaksi Tunai BI Meningkat Selama Ramadhan

Rep: Satya Festiani/ Red: Nidia Zuraya
 Seorang nasabah menarik uang tunai dari ATM (Ilustrasi)
Seorang nasabah menarik uang tunai dari ATM (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uang tunai yang keluar dari Bank Indonesia (BI) selama Ramadhan dan menjelang lebaran 2014 meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan mencapai 20,9 persen year on year (yoy).

Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs mengatakan, uang yang ditarik dari BI hingga 25 Juli mencapai Rp 124,8 persen, meningkat 20,9 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. BI mencatat uang tunai yang ditarik dari BI tahun lalu mencapai Rp 103,2 triliun.

Peter mengatakan, peningkatan transaksi tunai bersifat musiman setiap Hari Raya Lebaran. "Nanti juga pas Natal akan naik juga walaupun tidak sebesar lebaran," ujar Peter, Selasa (5/8).

Dari jumlah tersebut, mayoritas adalah penarikan tunai yang dilakukan oleh perbankan. "Penukaran langsung oleh masyarakat kecil (jumlahnya)," ujar Peter.

Sementara itu, BI tidak memiliki data penarikan dari ATM selama Ramadhan. "Itu tak ada. Nanti muncul di laporan bulanan bank, tapi bulanan jadi tak spesifik karena Lebaran," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement