Selasa 22 Jul 2014 21:28 WIB

Untuk Kenyamanan Lebaran, Telkomsel Bangun 34 BTS Baru di Bali Nusra

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Maman Sudiaman
 Seorang petugas melakukan pengecekan rutin perangkat menara BTS Telkomsel (ilustrasi).
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Seorang petugas melakukan pengecekan rutin perangkat menara BTS Telkomsel (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -– Guna memberi rasa nyaman berkomunikasi pada para pelanggannya selama musim Lebaran, Telkomsel wilayah Bali Nusra (Bali, NTB, dan NTT) menambah 34 base transceiver station (BTS) baru. Dari 34 BTS yang dibangun, 28 di antaranya merupakan BTS 3G (Node B).

GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra, Danny A Triawan mengatakan, memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh pelanggan, terutama sepanjang musim mudik dan Lebaran menjadi prioritas utama. Adapun penggelaran 34 BTS baru ini merupakan salah satu upaya penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan untuk memberikan layanan.

"BTS kami bangun untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada hari H Lebaran di titik-titik keramaian di Bali, NTB, dan NTT,” katanya, baru-baru ini.

Dikatakannya, 34 BTS baru tersebut 17 BTS di Bali, dua di NTB, dan 15 di NTT. Sementara selain penambahan BTS, hampir seluruh BTS di Bali dan NTT sudah dimodernisasi dan ditambah kapasitasnya hingga dua kali lipat untuk menunjang kualitas layanan. Khusus di NTB, Telkomsel juga melakukan modernisasi terhadap 41 BTS, serta pembangunan base station controller (BSC) dan modernisasi radio network controller (RNC) di Bima.

Menurut Danny, peningkatan trafik di wilayah Bali Nusra akan terjadi di pusat-pusat keramaian. Berbeda katanya, dengan Pulau Jawa yang dipadati pemudik, sebagian penduduk di Bali Nusra justru akan berada di luar wilayah ini pada periode mudik dan Lebaran. "Penduduk di Bali Nusra yang mudik digantikan turis yang ingin berlibur walaupun jumlahnya tidak sebanyak pada saat musim liburan akhir tahun,” jelas Danny.

Selain penambahan kapasitas jaringan, Telkomsel juga menyiapkan kapasitas SMS sebesar 10.000 SMS perdetik, kapasitas Visitor Location Register (VLR) untuk melayani hingga 10,8 juta pelanggan. Selain itu juga disediakan kapasitas bandwidth untuk layanan broadband sebesar 11,7 GbpsSaat ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 4.100 BTS di Bali Nusra, termasuk sekitar 1.400 Node B.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement