Senin 02 Jun 2014 22:40 WIB

Garuda Indonesia dan Delta Airlines Kerja Sama Codeshare

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Hazliansyah
Garuda Indonesia
Foto: Republika/Musiron
Garuda Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Garuda Indonesia dan Delta Airlines pada hari ini mengumumkan kerja sama codeshare dengan rute dari Tokyo International Airport ke Los Angeles International Airport dan Seattle-Tacoma International Airport. 

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake mengatakan, kerja sama antara kedua maskapai ini menawarkan lebih banyak pilihan bagi para penumpang untuk melaksanakan perjalanan antara Amerika dan Indonesia. Selain itu juga dapat mendukung perkembangan perdagangan antara kedua negara.

Codeshare merupakan sebuah perjanjian bisnis penerbangan dimana dua maskapai berbagi penerbangan yang sama. Artinya, pembelian kursi bisa dibeli di satu maskapai namun sebenarnya dioperasikan oleh maskapai rekanan.

"Kerja sama tersebut merupakan salah satu contoh dari perkembangan dan perluasan kemitraan kedua negara terutama berkaitan dengan aktivitas perekonomian antara Amerika dan Indonesia," jelas Blake di Jakarta, Senin (2/6) malam.

Direktur Operasi Garuda Indonesia Novianto Herupratomo mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu upaya Garuda Indonesia untuk mengembangkan jaringan di dunia, khususnya di Amerika Serikat. 

Melalui kerja sama tersebut, kedua maskapai menawarkan lebih banyak pilihan jadwal penerbangan antara kedua negara kepada para pengguna jasa. Kerja sama tersebut juga merupakan bagian tindak lanjut Garuda Indonesia dan Delta sebagai anggota dari aliansi global SkyTeam.

Novianto menerangkan, kerja sama dimulai dengan dua destinasi yang sangat terkenal di Amerika, yakni Los Angeles dan Seattle. Pihaknya yakin Garuda dan Delta dapat mengembangkan lebih banyak pilihan destinasi dan penerbangan untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi para pengguna jasa kedua maskapai. 

Dia melanjutkan, Indonesia merupakan salah satu negara tujuan yang paling populer untuk berlibur dan dengan kerja sama ini akan semakin memudahkan penumpang dari Amerika untuk menjangkau Indonesia. 

Selain itu, kerja sama ini dapat berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian, sosial, dan budaya di antara Indonesia, Amerika, dan negara di sekitarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement