Ahad 18 May 2014 14:52 WIB

Ini Dia 10 CEO Teknologi dengan Gaji Terendah

Rep: Friska Yolandha/ Red: A.Syalaby Ichsan
Perempuan dan gajinya/ilustrasi
Foto: shutterstock.com
Perempuan dan gajinya/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bekerja di perusahaan teknologi, tentunya bakal terpikirkan gaji yang besar. Apalagi bagi seorang kepala eksekutif perusahaan (CEO).

Tapi nyatanya, tidak semua CEO diiming-imingi gaji selangit. Meskipun perusahaannya merupakan yang memberikan return tertinggi di indeks S&P 500, CEO ini digaji 'rendah'. Siapa saja mereka? Berikut 10 CEO yang dibayar 'murah', dilansir dari Bloomberg.

1. Lothar Maier, Linear Technology Corp

Jumlah kompensasi untuk Maier sepanjang 2013 hanya 5,03 juta dolar AS atau setara Rp 57,06 miliar. Padahal, dia telah menjadi CEO perusahaan pembuat chip tersebut selama hampir satu dekade. Pada tahun fiskal 2013, perusahaan yang berbasis di California tersebut memberikan return sebesar 21 persen. 

2. Steve Sanghi, Microchip Technology

Sanghi merupakan CEO terlama di perusahaan teknologi berdasarkan riset Bloomberg, yaitu hampir 23 tahun. Kompensasi yang diberikan kepada Sanghi pada 2013 hanya 4,59 juta dolar AS atau Rp 52,07 miliar. Tahun sebelumnya, ia mendapatkan honor sebesar Rp 70,44 miliar. Sementara, perusahaan pembuat mikrokontroler yang berbasis di Arizona ini memberikan total return sebesar 3 persen pada 2013. Pada saat yang sama, indeks S&P memberi total pengembalian sebesar 14 persen.

3. Moshe Gavrielov, Xilinx Inc

Perusahaan pembuat chip yang dipakai untuk BTS telepon seluler ini memberi kompensasi senilai Rp 50,93 juta kepada Gavrielov. Padahal, perusahaan yang berbasis di San Jose California ini memberi return senilai 7 persen selama tahun fiskal 2013.

4. Tim Cook, Apple Inc

Tidak ada yang meragukan kualitas produk-produk Apple. Dengan originalitas dan keeksklusifannya, orang akan berpikir CEO Apple dibayar mahal. Nyatanya, Tim Cook hanya diberi kompensasi sebesar 4,25 juta dolar AS atau Rp 48,21 miliar. Pada 2011, ia dibayar Rp 4,288 triliun. Cook adalah CEO ketujuh yang dibayar paling rendah di sepanjang 2013.

5. Marc Lautenbach, Pitney Bowes Inc

Perusahaan penyedia perangkat pos ini hanya menggaji CEO-nya senilai 3,4 juta dolar AS atau Rp 38,57 miliar. Padahal, perusahaan yang berbasis di Connecticut ini memberi total pengembalian sebesar 132 persen.

6. Ursula Burns, Xerox Corp Ltd

Jumlah kompensasi yang diberikan kepada CEO Xeroc hanya 2,49 juta dolar AS. Padahal, ia adalah CEO perempuan dengan bayaran tertinggi berdasarkan S&P 500. Sejak mengambil pucuk pimpinan perusahaan yang berbasis di Norwalk Connecticus ini, Burns telah merombak inti bisnis dari produsen mesin fotokopi ke jasa bisnis. Xerox pada sepanjang 2013 memberikan total pengembalian sebesar 83 persen.

7. Zach Nelson, NetSuite Inc

Nelson bergabung ke perusahaan perangkat lunak ini pada 2003. Tahun lalu, kompensasi untuk Nelson hanya 1,28 juta dolar AS. Sebelumnya, ia mendapatkan 5,89 juta dolar AS.

8. Steve Ballmer, Microsoft Corp

Di tahun-tahun terakhirnya di Microsoft, Ballmer tetap dibayar murah. Sebagai orang terkaya ke-37 di dunia, ia hanya dibayar 1,26 juta dolar AS.

9. Mark Zuckerberg, Facebook Inc

Kompensasi Zuckerberg sepanjang 2013 tidak tembus 1 juta dolar AS. Ia hanya dibayar 653,16 ribu dolar AS. Raksasa jejaring sosial ini sepanjang 2013 memberi total pengembalian 105 persen.

10. Larry Page, Google Inc

Larry Page tampaknya menjadi CEO dengan gaji paling rendah, lebih rendah dari pendapatan harian masyarakat Indonesia. Page hanya digaji 1 dolar AS per tahun. Ia berkeras digaji sebesar itu sejak Google menjadi perusahaan publik. Namun tentu saja gaji ini hanya sebatas 'gaji simbolis'. Page menguasai saham Google dengan nilai sekira 26 miliar dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement