Jumat 16 May 2014 19:58 WIB

Ini 'Gebrakan' yang Akan Dilakukan CT Sebagai Menko Perekonomian

Chairul Tanjung
Foto: Republika- Yoghi Ardhi
Chairul Tanjung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Chairul Tanjung (CT) saat mulai menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang baru berencana bakal mengubah metode koordinasi yang akan dilakukannya sebagai perwakilan pemerintah pusat dengan pejabat-pejabat pemda.

"Metode saya ubah. Saya yang langsung datang ke daerah sehingga pemimpin daerah tidak harus datang ke Jakarta," kata CT di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (16/5).

CT mengemukakan bahwa langkah yang dilakukannya itu bukanlah untuk tujuan politik, melainkan semata-mata untuk meningkatkan efektivitas pengeluaran sehingga beban biaya juga menjadi lebih murah. Hal itu, kata dia, karena dengan dirinya yang menyambangi daerah akan membawa orang relatif tidak sebanyak bila ada pejabat dari daerah yang mengunjungi Ibu Kota.

Terkait dengan masalah efisiensi, dia juga mengemukakan bahwa dirinya bakal berdialog dengan dunia usaha, seperti Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). "Dengan demikian, bisa timbul akselerasi perekonomian yang baik," katanya.

Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) itu juga mengatakan bahwa dirinya akan fokus pada masalah fiskal terlebih karena jumlah penerimaan negara tidak sesuai dengan target yang diharapkan pada APBN 2014. CT menegaskan bahwa fokus pada persoalan demikian merupakan hal yang penting agar Pemerintah tidak melanggar ketentuan defisit lebih dari tiga persen sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada.

Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya tidak akan mengambil kebijakan yang bersifat strategis tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan Presiden. "Semua opsi kebijakan yang bersifat strategi pasti saya konsultasikan dengan Presiden," ujar CT.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement