Kamis 08 May 2014 15:33 WIB

Nissan Operasikan Pabrik Kedua Datsun di Indonesia

Rep: Niken Paramita/ Red: Nidia Zuraya
Datsun GO
Foto: foxnews
Datsun GO

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Bersamaan dengan peluncuran kendaraan LCGC Datsun, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sekaligus meresmikan pabrik kedua yang diperuntukkan untuk produksi Datsun. Pabrik yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat ini merupakan hasil investasi senilai 33 miliar yen dari perusahaan otomotif asal Jepang.

"Pabrik baru ini akan menjadi pusat produksi Datsun yang dibuat di Indonesia untuk konsumen Indonesia dengan standar kualitas global," ujar Chief Competitive Officer (CCO) Nissan Motor Corporation Hiroto Saikawa di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (8/5).

Pabrik seluas 60 ribu meter persegi ini mampu memproduksi sebanyak 250 ribu kendaraan per tahun. Hanya saja produksi awal dimulai dari 150 ribu unit kendaraan per tahun. Dengan kandungan komponen sebesar 65 persen.

Sementara itu fasilitas yang ditanamkan di pabrik ini meliputi perakitan body, pengecatan, trim dan chasis. Selain tangan manusia pabrik pembuat Datsun GO+ Panca ini juga dibekali dengan robot yang sektor mesin, pembuatan pintu untuk menjamin keakurasian.

Kehadiran pabrik baru ini menujukkan Indonesia merupakan pasar yang potensial bagi Nissan secara global. "Melalui investasi pabrik kedua di Indonesia dan meningkatkan kemampuan manufaktur global dari Nissan Production Way, kini kami terus memenuhi permintaan masyarakat Indonesia yang semakin meningkat," ujar Saikawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement