Rabu 12 Feb 2014 10:53 WIB

Bagaimana Pergerakan Rupiah Hari Ini?

Seorang petugas teller menghitung mata uang rupiah.    (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yogi Ardhi
Seorang petugas teller menghitung mata uang rupiah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta Rabu (12/2) pagi bergerak menguat 63 poin menjadi Rp 12.110 dibanding sebelumnya di posisi Rp 12.173 per dolar AS.

"Nilai tukar rupiah kembali melanjutkan penguatan seiring dengan outlook ekonomi yang optimistis dari domestik dan eksternal," kata Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra di Jakarta, Rabu (12/2).

Menurut dia, data neraca perdagangan Indonesia yang mengalami surplus pada Desember 2013 serta pencapaian produk domestik bruto (PDB) kuartal IV 2013 yang meningkat menunjukan ekonomi yang kondusif di tengah gejolak ekonomi global. "Data ekonomi domestik masih menjadi penopang sektor keuangan dalam negeri. Di tengah guncangan ekonomi global, Indonesia memiliki pondasi ekonomi yang kuat," paparnya.

Ia mengharapkan, data perdagangan Cina untuk bulan Januari dapat menambah sentimen positif bagi pasar keuangan domestik. Dari AS, lanjut dia, sentimennya juga cukup positif setelah Gubernur the Fed Janet Yellen menegaskan tetap menjalankan kebijakan moneter longgar demi menopang pemulihan ekonomi Amerika Serikat. AS juga menyetujui proposal untuk menaikan batas utangnya demi menghindari ancaman default.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement