Rabu 12 Feb 2014 09:18 WIB

Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan Pinangsori-Jakarta

Sejumlah pesawat milik Maskapai Garuda Indonesia parkir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Sejumlah pesawat milik Maskapai Garuda Indonesia parkir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, TAPANULI TENGAH -- Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan membuka rute dari Bandara Dr FL Tobing Pinangsori di Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, tujuan Halim Perdanakusuma, Jakarta, mulai 15 April 2014 menggunakan pesawat jenis Bombardier.

"Garuda Indonesia akan membuka rute penerbangan dari Bandara Kualanamu Medan ke Bandara Dr FL Tobing Pinangsori, dan berlanjut ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta," kata Bupati Tapanuli Tengah, Raja Bonaran Situmeang, di Pandan, Rabu (12/2).

Rute penerbangan tersebut, kata Bonaran, akan mempermudah akses menuju kawasan Pantai Barat Sumatra Utara itu, sehingga tidak perlu lagi memakan waktu lama untuk menjangkau wilayah di Tapanuli Tengah. Menurutnya, pengajuan untuk pembukaan rute penerbangan dimaksud telah melalui proses pertimbangan yang matang terutama dari pihak maskapai Garuda Indonesia, sehingga perusahaan tersebut diperkirakan mampu memperoleh keuntungan.

Bonaran menyatakan, posisi geografis daerah Tapanuli Tengah sangat strategis dalam menjangkau seluruh daerah kawasan Pantai Barat Sumatra, seperti Kota Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Paluta, Tobasa, Tapanuli Utara, bahkan perbatasan dengan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Rute penerbangan yang baru dibuka itu, lanjut dia, diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi industri pariwisata Tapanuli Tengah, sekaligus mendongkrak kemajuan dunia pariwisata di Sumatera Utara. Dia mengakui, berbagai sarana penting dalam mendukung kelancaran pendaratan pesawat berjenis Bombardier itu, kini telah rampung dikerjakan pihak Bandara FL Tobing Pinangsori.

Selain itu, PT Pertamina (Persero) juga telah menjanjikan kesediaan untuk memenuhi sarana pengisian bahan bakar pesawat atau avtur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement