Kamis 16 Jan 2014 15:57 WIB

Lagarde: Ekonomi Dunia Masih Rapuh

Rep: Elba Damhuri/ Red: Hafidz Muftisany
Christine Lagarde.
Foto: Guardian.co.uk
Christine Lagarde.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Perekonomian dunia telah terhindar dari skenario terburuk akibat krisis keuangan lima tahun lalu. Kini, ekonomi bergerak ke arah yang lebih baik meski sejumlah tantangan mengadang.

Perbaikan ekonomi di negara-negara maju sejak akhir 2013, kata Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde, memberikan andil atas membaiknya ekonomi dunia. Krisis berkepanjangan pun bisa dihindari  meski ada perlambatan di negara-negara berkembang.

"Kita patut berterima kasih atas upaya-upaya yang dilakukan para pemegang  kebijakan di negara-negara itu," kata Lagarde di Washington, Rabu (15/1) waktu setempat.

Dampaknya, pertumbuhan ekonomi global pada tahun ini diperkirakan aka lebih baik dari tahun sebelumnya. Namun, mantan menteri keuangan Prancis ini mengaku khawatir atas tren atas kondisi perekonomian saat ini.

"Secara umum arah ekonomi sudah positif, tetapi pertumbuhan global masih terlalu rendah, rapuh, dan tidak berimbang," kata Lagarde di hadapan National Press Club itu.

Yang terjadi, jelas dia, upaya untuk menciptakan lapangan kerja bagi 200 juta orang di seluruh dunia sulit tercapai. Di beberapa negara, pertumbuhan ekonomi hanya dinikmati oleh sedikit orang, sementara yang mayoritas malah tidak merasakan dampak itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement