Kamis 09 Jan 2014 14:44 WIB

Mendag Optimistis Inflasi 2014 Lebih Rendah

Inflasi, ilustrasi
Foto: Pengertian-Definisi.Blogspot.com
Inflasi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan optimistis laju inflasi pada 2014 akan lebih rendah dibanding 2013 meskipun akan terdampak kenaikan gas elpiji nonsubsidi.

"Meskipun ada kenaikan harga gas elpiji yang akhirnya kenaikannya diturunkan, saya meyakini inflasi tahun ini akan lebih rendah dari 2013 di atas 8 persen," kata Gita seusai menerima gelar kebangsawanan oleh Puro Pakualaman di Yogyakarta, Kamis (9/1).

Menurut Gita, laju inflasi 2014 tetap dapat ditekan dengan kinerja ekspor tahun ini yang diperkirakan semakin membaik. "Saya meyakini volume ekspor akan lebih tinggi dari 2013," katanya.

Namun demikian, ia tetap meminta agar kedepan proses penaikan harga di berbagai sektor tetap dilakukan dengan kehati-hatian dan terukur. "Sekarang memang kenaikannya (harga elpiji) sudah diturunkan. Namun kedepan agar lebih berhati-hati. Dalam pengambilan keputusan awal saya kurang mengapresiasi karena memang kurang hati-hati," katanya.

Kebijaksanaan dalam mengambil keputusan harga, kata dia, perlu dilakukan dengan tujuan tetap menjaga kestabilan laju inflasi, apalagi 2014 merupakan tahun politik. "Sebab menjaga laju inflasi agar tetap stabil di tahun politik kan penting," kata salah satu peserta konvensi capres Partai Demokrat ini

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement