Rabu 04 Dec 2013 07:10 WIB

Miliarder Saudi Bangun Dua Pabrik Semen di Etiopia

Mohammed al-Amoudi, pengusaha Arab Saudi
Foto: alfaisal.edu
Mohammed al-Amoudi, pengusaha Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, ADDIS ABABA -- Pengusaha dan miliarder Saudi Mohammed al-Amoudi, investor swasta terbesar di Etiopia, berencana untuk membangun dua pabrik semen di negara Tanduk Afrika itu menyusul membaiknya iklim investasi.

Pabrik itu akan memperkuat investasi 351 juta USD al-Amoudi di MIDROC Derba Cement yang dibuka pada bulan Desember 2011, kata investor berusia 67 tahun itu dalam sebuah wawancara kemarin di ibukota, Addis Ababa.

Derba Group, yang dikuasai bersama oleh tiga perusahaan Etiopia miliki al-Amoudi, berencana menambah investasi 3,4 miliar USD di Etiopia selama 5 tahun ke depan, kata perusahaan itu Maret 2012.

"Kesempatan bisnis Afrika terletak pada keterlibatan sektor swasta yang bekerja dengan pemerintah yang stabil dan bertanggung jawab seperti Ethiopia," kata al-Amoudi dalam sebuah kata sambutannya di African High-Growth Markets Summit di Addis Ababa.

Dia menambahkan, perbaikan iklim usaha akan mengarah pada peningkatan "besar" dalam investasi, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Saudagar kelahiran Etiopia ini menduduki peringkat ke-134 orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih diperkirakan mencapai 8,7 miliar USD, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Ia merupakan orang kedua terkaya di Arab Saudi, setelah Pangeran Alwaleed bin Talal.

Ekonomi Etiopia diproyeksikan tumbuh 7,5 persen tahun depan, dibandingkan dengan perkiraan 7 persen tahun ini, kata Dana Moneter Internasional (IMF) dalam laporan World Economic Outlook bulan Oktober lalu.

sumber : Bloomberg
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement