Selasa 03 Dec 2013 15:42 WIB

Apple Beli Perusahaan Analisis Data Topsy Lab

Logo Apple
Foto: VOA
Logo Apple

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Raksasa IT Amerika Serikat, Apple Inc, membeli perusahaan analisis data sosial media, Topsy Lab, yang khusus mengolah data dari Twitter untuk menelusuri sentimen konsumen. Sayangnya, Apple tidak memberitahu berapa banyak uang yang mereka keluarkan untuk membeli Topsy. Tetapi harian Wall Street Journal yang pertama kali memberitakan pembelian ini memperkirakan nilainya mencapai 200 juta dolar AS (sekitar Rp 2,3 triliun).

Topsy adalah satu di antara sedikit perusahaan yang memiliki akses ke seluruh data di Klik Twitter. Melalui situs ini, pengguna bisa melihat kumpulan data tentang semua kicauan yang dikirim - yaitu sekitar 400 miliar - sejak Twitter diluncurkan.

Topsy saat ini bersaing dengan perusahaan sejenis seperi DataSift dan Gnip untuk melihat siapa saja yang memiliki pengaruh di Twitter, apa saja yang sedang populer, dan pengukuran kampanye spesifik di Twitter.

Juru bicara Apple enggan menjelaskan untuk apa akuisisi dilakukan. "Apple selalu membeli perusahaan teknologi yang lebih kecil dari waktu ke waktu dan kami biasanya tidak mendiskusikan tujuannya (ke media)," katanya.

Namun, sejumlah analis mengatakan Apple bisa menggunakan analisis data untuk beragam tujuan, salah satunya mungkin terkait dengan perbaikan posisi produknya di mata pengguna sosial media. Ini adalah akusisi kedua bagi Apple dalam beberapa pekan terakhir. Bulan lalu, mereka mengumumkan telah Klik membeli perusahaanKlik Israel PrimeSense, yang memiliki spesialisasi dalam membuat teknologi deteksi tiga dimensi.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement