Jumat 29 Nov 2013 18:37 WIB

Tim Pengawas Independen Dukung Tobapulp Kembangkan Kemenyan

Gelondongan kayu mahoni milik Perum Perhutani
Foto: ©Mahonionline
Gelondongan kayu mahoni milik Perum Perhutani

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Tim Pengawas Independen mendukung kebijakan PT Toba Pulp Lestari Tbk menjaga dan mengembangkan tanaman kemenyan (haminjon) di sejumlah areal konsesi hutan tanaman industri (HTI) perusahaan tersebut.

"Selaku Tim Pengawas Independen yang dibentuk berdasarkan SK Gubernur Sumut, kami melihat haminjon masih dipertahankan di HTI konsensi Tobapulp dan itu dihargai,"kata Seekretaris Tim Independen, Hasundungan Butar-butar di Medan, Jumat.

Salah satu wilayah konsesi HTI TobaPulp yang memiliki haminjon ada di kawasan Tele, Humbang Hasundutan.

Hasundungan mengaku bersama dua anggota tim lainnya yakni Prof SB Simanjuntak dan Rikson Simarmata, langsung melihat ke lokasi HTI di Tele yang ditanami haminjon.

Dengan kebijakan Tobapulp itu diharapkan bisa semakin mendorong perekonomian petani dan daerah itu mengingat selama ini haminjon juga menjadi salah satu sumber penghidupan masyarakat petani di sekitar kawasan areal konsesi HTI.

Anggota tim independen Prof SB Simanjutak menyebutkan, setelah melestarikan haminjon, Tobapulp diminta melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai komitmen bersama dalam upaya melestarikan dan melindungi pohon haminjon.

"Dengan kerja sama yang baik antara perusahaan dan masyarakat, keuntungan dari hasil tanaman itu sama-sama dinikmati,"katanya.

Apalagi, haminjon itu merupakan salah satu komoditas ekspor.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement