Kamis 31 Oct 2013 13:15 WIB

Aktivitas di Kawasan Industri Jabodetabek Lumpuh

Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur
Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi mogok nasional yang berlangsung mulai hari Kamis(31/10) melumpuhkan sejumlah kawasan industri di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). "Buruh sudah melumpuhkan kawasan industri Pulogadung sejak pagi tadi," ujar Sekjen Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Muhammad Rusdi di Jakarta, Kamis (31/10).

Selain kawasan industri Pulogadung, maka aksi mogok nasional juga berlangsung di KBN Cakung, Jatake, Cikupa, Depok, Bekasi, Sunter, KBN Cilincing, Balaikota DKI Jakarta, Tanjung Priok, dan sejumlah ruas jalan di ibu kota. Rusdi mengayakan aksi mogok nasional yang berlangsung hingga 1 November itu memiliki beberapa tuntutan seperti upah Rp 3,7 juta per bulan untuk DKI Jakarta, menolak Inpres 9/2013, dihapuskannya sistem alih daya, dan dijalankannya jaminan kesehatan mulai 2014.

Para pendemo juga melakukan penyisiran ke sejumlah pabrik. "Pendemo meminta agar pekerja pabrik ikut demo," ujar salah seorang pekerja di Tangerang, Mirda.

Mirda menambahkan aksi demo itu juga membuat sejumlah ruas jalan di Tangerang macet total. Begitu juga di berbagai kawasan industri lainnya. Menakertrans Muhaimin Iskandar mengatakan hendaknya aksi mogok nasional itu tidak meresahkan dan membuat kemacetan. "Buruh bisa menyampaikan aspirasinya melalui berbagai cara seperti melalui dewan pengupahan maupin forum bipartit," kata Muhaimin.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement