Senin 28 Oct 2013 16:03 WIB

Mitra Pinasthika Bukukan Laba Bersih Rp 411 miliar

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
Logo PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk
Logo PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) membukukan laba bersih hingga kuartal ketiga 2013 senilai Rp 411 miliar. Laba bersih ini tumbuh 33 persen bila dibandingkan dengan sembilan bulan pertama tahun sebelumnya.

Tingginya peningkatan laba bersih tersebut sejalan dengan keberhasilan perusahaan meningkatkan pendapatan bersih, yaitu 31 persen menjadi Rp 10,3 triliun. Keberhasilan MPMX melanjutkan momentum pertumbuhan didukung oleh konsistensi perusahaan untuk meningkatkan kinerja operasionalnya. "Hingga triwulan ketiga, seluruh bisnis MXPX mengalami peningkatan kinerja yang signifikan," ujar Sekretaris Perusahaan, Zahnia, Senin (28/10).

Bisnis rental kendaraan bermotor MPMX melalui anak usaha PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent) mampu meningkatkan jumlah armadanya hingga 85 persen menjadi 13.030 unit. Perseroan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan pendapatan sebesar enam persen.

Bisnis distribusi motor Honda berkontribusi 76 persen terhadap total pendapatan perseroan pada periode Januari-September 2013. PT Mitra Pinasthika Mulia mampu meraih angka penjualan sebanyak 676.655 unit atau tumbuh 27 persen dibandingkan kuartal ketiga tahun sebelumnya. Peningkatan penjualan Mulia yang menjadi distributor utama motor Honda di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur tersebut  jauh di atas penjualan motor secara nasional yang hanya tumbuh sekitar 9 persen. 

Di sektor jasa keuangan, dua perusahaan pembiayaan yang dimiliki MPMX juga berhasil mencatat peningkatan nilai pembiayaan yang cukup besar, dari Rp 2,1 trilliun pada triwulan ketiga 2012 menjadi Rp 2,5 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 17 persen pada triwulan ketiga 2013. Peningkatan penjualan oli pelumas melalui anak usaha PT Federal Karyatama tercatat sebesar 10 persen atau menjadi 47 juta liter. Ini ditunjang oleh meningkatnya jumlah kendaraan bermotor roda dua di Indonesia. 

Sementara itu, salah satu anak perusahaan MPMX yang merupakan diler kedua penjualan ritel dan pemberian jasa layanan purna jual dari produk kendaraan bermotor Nissan-Datsun di Indonesia, MPMAuto, hingga Semester II 2014, akan membuka tujuh outlet Nissan-Datsun. "Lima dari tujuh outlet tersebut akan berlokasi di DKI Jakarta," kata Zahnia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement