REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rekening Ponsel PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sudah bisa digunakan untuk pembelian atau pembayaran di toko-toko (merchant) yang memiliki mesin Electronic Data Capture (EDC) CIMB Niaga mulai Senin (21/10).
Untuk tahap awal, transaksi pembayaran melalui Rekening Ponsel bisa dilakukan di empat merchant di seluruh Indonesia, yaitu Cineplex XXI, 7 Eleven, J.CO Donuts & Coffee dan Breadtalk.
"Melalui Rekening Ponsel, kami ingin seluruh masyarakat dapat merasakan kemudahan dalam bertransaksi perbankan, kapanpun dan dimanapun," ujar Presiden Direktur CIMB Niaga Arwin Rasyid dalam siaran pers yang diterima Republika, Ahad (20/10).
Arwin mengatakan mekanisme pembayaran menggunakan EDC CIMB Niaga ini mudah dan dapat dilakukan dengan dua cara.
Pertama, melalui pembuatan kupon elektronik, nasabah Rekening Ponsel dapat dengan mudah mengirimkan SMS ke 1418, bertuliskan Kupon disertai dengan maksimal nilai kupon (misalnya Kupon 100.000).
Apabila nasabah menggunakan smartphone maka dapat menggunakan aplikasi Go Mobile dengan memilih menu 'isi ulang prabayar.'
Dan setelah berhasil, 10 digit kode kupon elektronik tersebut bisa diberitahukan kepada kasir saat melakukan proses pembayaran.
Jika terdapat sisa saldo kupon setelah penggunaan, maka sisa saldo kupon akan dikembalikan ke saldo Rekening Ponsel.
Cara kedua adalah pembayaran langsung yang biasanya digunakan untuk pembayaran delivery order. Pengguna tinggal menyebutkan nomor ponsel yang sudah didaftarkan kemudian dimasukkan ke dalam mesin EDC.
Tidak lupa setiap transaksi akan selalu diminta untuk memasukkan dua digit PIN challenge yang akan diterima pengguna melalui SMS.
Pengguna Rekening Ponsel juga dapat melakukan setoran tunai tanpa kartu di mesin setor tunai (Cash Deposit Machine/ CDM) CIMB Niaga, dan melihat saldo rekening dan catatan sepuluh transaksi terakhir.
Arwin berujar layanan Rekening Ponsel sejalan dengan program financial inclusion yang dicanangkan Bank Indonesia (BI) serta penerapan agent banking untuk terus memasyarakatkan produk dan layanan perbankan ke seluruh lapisan masyarakat.
Layanan serta fitur-fitur inovatif Rekening Ponsel diharapkan mampu meningkatkan jumlah pengguna Rekening Ponsel. Sejak diluncurkan akhir Maret lalu, jumlah pengguna Rekening Ponsel saat ini telah mencapai 200 ribu pengguna.
"Kami akan terus berupaya menghadirkan fitur-fitur inovatif sebagai komitmen untuk mempermudah serta memperluas layanan Rekening Ponsel kepada seluruh masyarakat di tanah air," kata Arwin.