Selasa 24 Sep 2013 14:41 WIB

Lima Pabrik Otomotif Baru Segera Dibangun

Rep: Agung Sasongko/ Red: A.Syalaby Ichsan
Mobil murah (ilustrasi)
Foto: r3870me
Mobil murah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan akan ada investor baru yang melalui program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC). Ada sekitar 100 industri komponen baru dengan nilai investasi 3.5 miliar dolar AS.

"Saat ini, komitmen tersebut sudah teralisasi, dengan dibangunnya lima pabrik baru dan sekitar 70 pabrik komponen otomotif baru," ungkap  Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, ketika menyambangi Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2013, Jiexpo, Kemayoran, Selasa (24/9).

Menurut Budi, investasi yang masuk akan mendorong peningkatan tenaga kerja terampil baik bidang teknik otomotif maupun material, manajemen produksi, jasa dan distribusi. Dampak positif kemudian dari hal ini kegiatan ekonomi di daerah akan bergeliat.

Daerah-daerah akan menjadi penyuplai stok komponen, after sales service, jasa perbengkelan, dan peningkatan pajak pendapatan daerah. "Sekitar 70 ribu tenaga kerja bakal terserap dengan komposisi 30 ribu tenaga manufakturing dan 40 ribu after sales service," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement