Senin 23 Sep 2013 21:14 WIB

Perusahaan Semen Asal Thailand Investasi Rp 3,4 Triliun di Sukabumi

Rep: Friska Yolandha/ Red: Heri Ruslan
Kabupaten Sukabumi
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Kabupaten Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan semen asal Thailand Sian Cement Group (SCG) akan membangun pabrik semen di Sukabumi, Jawa Barat. Untuk pembangunan tersebut perseroan mengeluarkan dana sebesar 356 juta dolar AS atau Rp 3,4 triliun.

Pembangunan pabrik ini dilakukan oleh anak usaha perseroan di Indonesia, PT Semen Jawa. Pabrik ini akan menghasilkan semen sebesar 1,8 juta ton per tahun. Ground breaking akan dilakukan 27 September mendatang.

"Pabrik ini akan menjadi purwarupa pabrik ramah lingkungan dengan teknologi yang dirancang untuk melindungi lingkungan," ujar Presiden SCG Kan Trakulhoon saat paparan publik di Hotel Kempenski, Jakarta, Senin (23/9).

Pabrik ini merupakan pabrik semen SCG pertama di Indonesia. Sekaligus ini menjadi pabrik semen kedua di negara ASEAN di luar Thailand. Perseroan telah memiliki satu pabrik di Myanmar.

 

Pabrik baru ini akan memproduksi dua produk premium yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), yaitu Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I dan Portland Composite Cement (PCC). OPC digunakan untuk struktur bangunan berkekuatan tinggi. Sedangkan PCC digunakan untuk proyek konstruksi umum seperti plastering dan pemasangan batu bara.

Pada tahap pertama pembangunan, Semen Jawa memiliki kapasitas 1,8 juta ton per tahun. Pembangunan tahap kedua akan dimulai setelah tahap pertama selesai. Perseroan menargetkan pembangunan tahap pertama selesai di kuartal ketiga 2015. Target pasar yang dibidik Semen Jawa adalah Sukabumi, Bogor, dan Jakarta.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement