Senin 26 Aug 2013 18:24 WIB

Rupiah Melemah, Amin Rais: Itu Bisa Mengakibatkan PHK

Amin Rais
Amin Rais

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN - Mantan Ketua MPR Prof DR Amin Rais mengingatkan melemahnya nilai rupiah terhadap dolar AS dapat mengakibatkan terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) dan berpotensi menimbulkan permasalahan sosial.

"Kondisi ekonomi Indonesia saat ini sedang menghadapi masalah serius yang dipengaruhi menguatnya dolar AS terhadap rupiah," kata Amin Rais saat menerima silaturahmi Bupati Sleman Sri Purnomo di kediamannya, Depok, Sleman, Senin.

Menurut dia, dikawatirkan apa bila dolar semakin kuat terhadap nilai tukar rupiah akan berdampak langsung terutama pada bahan baku suku cadang.

"Hampir semua suku cadang berasal dari luar negeri, dan ini akan berdampak pada nilai beli yang akhirnya berdampak pada daya beli masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, jika hal ini berlarut-larut akan berdampak pula terhadap perusahaan-perusahaan dan selanjutnya dapat berdampak adanya pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Bila kondisi tersebut terjadi, dikhawatirkan akan menimbulkan dampak sosial dan kerawanan sosial," katanya.

Amien berharap mudah-mudahan hal ini cepat teratasi sehingga tidak akan menimbulkan kekawatiran terhadap perekonomian Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.

Selain ke kediaman Amin Rais, Bupati Sleman Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu juga bersilaturahmi kepada Kyai dan Alim ulama Kabupaten Sleman.

Sri Purnomo mengawali silaturahmi dengan Drs KH A Choliq Muhtar MSi.

Sri Purnomo mengatakan bahwa dalam rangka silaturahmi ini baik atas nama pribadi maupun pemerintah menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin.

KH Choliq memberikan apresiasi luar biasa atas kunjungan Bupati Sleman beserta Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Sleman. Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap wong cilik, yang mana apa bila pejabat selalu mengutamakan rakyatnya akan terjadi kekompakan antara pemerintah dan rakyatnya.

Kunjungan selanjutnya bersilaturahmi ke kediaman Ketua MUI Sleman KH Mamum M Muroi LML di Dusun Klabanan, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman.

Bupati Sleman melanjutkan silaturahmi ke tempat Ny Hj. Zamahsari, PP Mursyidul Hadi di Plosokuning, Minomartani, Ngaglik dan dilanjutkan ke ulama dan tokoh lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement