Senin 26 Aug 2013 16:20 WIB

Hatta: September Bisa Deflasi

Hatta Rajasa
Foto: Antara
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa memperkirakan laju inflasi akan segera turun dan pada September justru akan terjadi deflasi. "Memang sekarang ini inflasi itu masih ada 'ekornya' (sisanya,red) setelah kita mengalami Lebaran. Akan tetapi, pada September dan Oktober, itu sudah 'drop' dan saya yakin akan deflasi," kata Hatta pada konferensi pers penganugerahan gelar "Perekayasa Utama Kehormatan" di Gedung BPPT di Jakarta, Senin (26/8).

Hatta mengaku optimistis bahwa pada September akan terjadi deflasi meskipun masih ada sedikit dampak lanjutan inflasi dari momen Idul Fitri. Dia meyakini laju inflasi itu cenderung menurun dibandingkan pada Juli lalu yang mencapai 3,29 persen.

Menurut Hatta, optimisme terjadinya deflasi pada beberapa bulan mendatang tersebut karena kondisi pasar dan ekonomi tidak lagi dipengaruhi oleh momen hari besar. "Selain itu, kondisi harga-harga bahan pangan relatif cenderung menurun dan stabil. Pemerintah akan terus melakukan intervensi di pasar sesuai kebutuhan guna menjaga harga tetap stabil," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement