Kamis 22 Aug 2013 11:44 WIB

Meksiko Pangkas Prediksi Pertumbuhan 2013

Peta Meksiko (ilustrasi)
Peta Meksiko (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO CITY -- Meksiko secara drastis memangkas prediksi pertumbuhan 2013 setelah perekonomian menyusut antara April sampai Juni dengan kontraksi kuartalan pertama sejak krisis keuangan global 2009. Departemen Keuangan Meksiko mengatakan dalam sebuah pernyataan, Kamis (22/8), bahwa produk domestik bruto negara Amerika Latin tersebut diperkirakan tumbuh 1,8 persen dari perkiraan sebelumnya 3,1 persen. Pemerintah telah menurunkan prediksi dari 3,5 persen sebelumnya tahun ini.

Kementerian Keuangan juga mengatakan perekonomian Meksiko dipengaruhi oleh melambatnya permintaan eksternal yang dimulai pada 2012 serta meningkatnya aktivitas ekonomi global.

Namun pemerintah Meksiko menekankan bahwa negara itu telah mempunyai fondasi ekonomi yang kuat dan bahwa reformasi struktural didorong oleh Presiden Enrique Pena Nieto akan mendorong pertumbuhan, kata pernyataan itu.

Kementerian menambahkan bahwa Meksiko mengharapkan pertumbuhan ekonomi global meningkat pada semester ke dua tahun ini, termasuk sektor industri AS, yang seharusnya diterjemahkan dalam peningkatan ekspor non-minyak. Permintaan internal dan tenaga kerja diharapkan naik, bersama dengan lebih besarnya investasi publik dan kredit perbankan.

Ekonom Meksiko Raul Feliz mengatakan revisi angka pertumbuhan tersebut adalah lebih realistis dan bahwa ekonomi tidak akan mencapai perkiraan sebelumnya sejak negara itu dipengaruhi oleh perlambatan global di bidang manufaktur. Tapi Feliz, yang juga merupakan seorang peneliti di Pusat Penelitian Ekonomi dan Pengajaran, mengatakan sektor penting diharapkan rebound tahun depan dan diperkirakan catat pertumbuhan 3,6 persen pada 2014.

Departemen Keuangan mengutip data resmi menunjukkan bahwa ekonomi tumbuh dengan lebih lemah dari yang diperkirakan 1,5 persen pada kuartal ke dua dibandingkan dengan periode yang sama 2012 dan dengan hanya 1,0 persen pada semester pertama 2013. Lembaga statistik nasional juga mengatakan perekonomian mengalami kontraksi sebesar 0,74 persen pada periode April-Juni dibandingkan dengan kuartal pertama. Kontraksi tersebut disebabkan penurunan jasa dan kegiatan industri.

Badan statistik, INEGI, mengatakan angka-angka didasarkan pada suatu metodologi baru yang mengikuti rekomendasi internasional. Meksiko telah pulih dari resesi yang mendalam pada 2009 yang dipicu oleh krisis keuangan di AS dan ekonomi tumbuh sebesar 3,9 persen tahun lalu. Tapi pemerintah dan bank sentral telah memangkas perkiraan pertumbuhan 2013 karena angka mengecewakan pada awal tahun. Bank sentral Meksiko pun telah menurunkan perkiraannya ke kisaran dua hingga tiga persen.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement