Senin 05 Aug 2013 23:03 WIB

Right Issue, Energi Mega Persada Target Dana Rp 2,93 T

Rep: Friska Yolandha/ Red: Mansyur Faqih
Logo PT Energi Mega Persada
Logo PT Energi Mega Persada

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) akan melakukan Penawaran Umum Terbatas dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PUT–HMETD) dengan target dana senilai Rp 2,93 triliun. Perseroan melepas saham baru sebanyak 20,98 lembar dengan harga penawaran Rp 140 per lembar.

Direktur Utama ENRG Imam Agustino mengungkapkan PUT III ini akan digunakan untuk akuisisi saham EMP International Ltd yang dimiliki oleh Owen Holdings Limited. "Saat ini EMP International merupakan pemilik working interest di Blok Offshore Northwest Java (ONWJ) PSC," kata Imam di Jakarta, belum lama ini.

Rencana pembelian saham dilakukan melalui share sale dan purchase agreement. Kesepakatan ini telah ditandatangani pada 1 Agustus antara entitas anak perseroan EMP Holdings Singapore Pte Ltd dengan Owen Holdings Limited. Perseroan akan membeli 49 persen saham EMP International sehingga kepemilikan menjadi 100 persen. 

Dengan penambahan kepemilikan atas EMP International tersebut maka perseroan menjadi pemegang effective working interest di Blok ONWJ PSC sebesar 36,72 persen. Pembelian ini dilakukan untuk penambahan jumlah cadangan dan produksi migas dalam rangka meningkatkan pasokan migas perseroan. 

Saat ini Blok ONWJ PSC merupakan penghasil minyak terbesar milik perseroan. Dengan meningkatkan kepemilikan diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kinerja keuangan ENRG. Hingga Maret 2013 perseroan membukukan penjualan bersih senilai 178,9 juta dolar AS atau meningkat 58 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Peningkatan ini didorong oleh kenaikan harga jual gas dan produksi harian. Pada kuartal pertama produksi harian perseroan naik 68 persen menjadi 48.500 barel ekuivalen per hari atau 12.370 barel minyak per hari dan 216 juta kaki kubik gas per hari.

Namun perseroan membukukan penurunan 42,5 persen menjadi 2,86 juta dolar AS. Pada penutupan perdagangan Jumat (2/8), saham ENRG menguat 7,69 persen menjadi Rp 112 per lembar saham di perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement