Ahad 28 Jul 2013 15:01 WIB

UEA Luncurkan Portal UMKM Syariah

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Djibril Muhammad
Pekerja Bank Syariah (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Pekerja Bank Syariah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI – Salah satu bank syariah di Uni Emirat Arab (UEA), Abu Dhabi Islamic Bank (ADIB) meluncurkan sebuah portal bernama BusinessPulse. Portal yang telah beroperasi sejak 1 Juli 2013 ini bertujuan memberikan saran dan dukungan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) syariah di UEA.

BusinessPulse dirancang dan diproduksi beberapa organisasi paling berpengaruh dan sukses dalam bidang  bisnis, keuangan dan teknologi dari seluruh wilayah.

Pemikiran kolektif organisasi-i ini telah membantu menciptakan platform baru yang akan memberikan informasi penting, kisah sukses, peluang jaringan dan saran kepada UMKM berbasis di UEA.

BusinessPulse memiliki tiga bagian utama yakni Ignite yang berisi semua tentang penyemaian gagasan memulai rencana bisnis, Enrich tentang rencana pendanaan dan Grow yang berkaitan dengan fasilitas pertumbuhan dan ekspansi masa depan.

BusinessPulse menawarkan akses informasi kepada pemilik bisnis yang berkaitan dengan bisnis sehari-hari mereka serta bimbingan dan dukungan untuk pertumbuhan jangka panjang dan strategi ekspansi.

Fitur utama portal ini adalah perpustakaan yang terdiri dari studi kasus komprehensif dan video dari pengusaha sukses. BusinessPulse juga memiliki bagian jaringan yang akan memungkinkan UMKM menemukan mitra bisnis tepat dan kontak dengan rekan-rekan dan para pakar.

Selain menawarkan saran pendanaan, pengunjung hanya dapat mengajukan permohonan fasilitas pembiayaan hingga AED 2 juta kepada ADIB.

BusinessPulse menyediakan pengetahuan  berharga tentang penanganan tantangan utama yang dihadapi UMKM saat ini dan juga contoh bisnis serta alat melakukan bisnis agar lebih efisien.

CEO ADIB, Tirad Al Mahmoud mengatakan UEA merupakan pasar ideal untuk UMKM. Lebih dari 230 ribu UMKM terdapat di UEA dan menyumbang lebih dari 40 persen Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

"UMKM dapat bermanfaat tapi juga sangat menantang dalam hal keuangan, manajerial, masalah hukum dan peraturan," ucapnya seperti dikutip Zawya, belum lama ini.

Peluncuran BusinessPulse, kata Mahmoud, mencerminkan keinginan ADIB untuk menyediakan nasihat keuangan dan dukungan kepada UMKM. "Melalui portal ini, kami akan menyediakan informasi penuh pada pemilik usaha dan dukungan untuk mencapai tujuan yang mereka perlukan," ujarnya.

BusinessPulse akan didukung  serangkaian acara dan seminar. Ini menawarkan kesempatan bagi UMKM untuk menampilkan kisah sukses mereka dan belajar dari orang lain. Tim bisnis ADIB akan memberikan solusi inovatif dan dukungan 24 jam untuk mendukung bisnis dari semua ukuran dari seluruh wilayah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement