Sabtu 27 Jul 2013 05:31 WIB

Harga Emas Jeblok Lagi

Emas batangan
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Emas batangan

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO---Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Jumat (Sabtu pagi WIB) karena aksi ambil untung, tetapi masih mencetak keuntungan mingguan ketiga berturut-turut.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus turun 7,3 dolar AS, atau 0,55 persen, menjadi menetap di 1.321,5 dolar AS per ounce. Selama tiga minggu terakhir, pelacakan kontrak teraktif, harga emas mencatat kenaikan 8,8 persen, menurut MarketWatch.

Analis pasar percaya, penurunan harga emas hari ini dapat dikaitkan dengan aksi ambil untung menjelang rilis data besar pada minggu depan termasuk suku bunga dan jumlah pekerjaan AS.

Federal Reserve AS akan mengumumkan keputusan kebijakan pada Rabu pekan depan, sementara Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank Sentral Inggris (BoE) pada Kamis pekan depan, serta Departemen Tenaga Kerja AS akan merilis laporan pekerjaan bulanan yang banyak dipantau pada Jumat, menurut laporan.

Selain itu, beberapa analis mengatakan, pembelian fisik emas telah melambat dalam dua minggu terakhir karena harga yang lebih tinggi menghambat permintaan. Harga emas telah menguat selama tiga minggu karena Ketua Federal Reserve AS Ben S. Bernanke mengatakan terlalu dini untuk memutuskan apakah akan mempertimbangkan kembali stimulusnya untuk meningkatkan perekonomian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement