Rabu 10 Jul 2013 16:09 WIB

Menko Perekonomian Jamin Impor Tidak Ganggu Panen

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menjamin impor untuk memenuhi ketersediaan bahan pangan pokok tidak akan mengganggu masa panen yang mudur pada Agustus 2013.

"Respons dari kekurangan pasokan bahan pokok ini, yakni dibukanya keran impor untuk menutupi kekurangan itu sampai pada masa panen. Namun, tetap kita menjaga karena pada Agustus masyarakat akan panen," kata Hatta saat konferensi pers 'Persiapan Dalam Rangka Hari Besar Keagamaan Nasional' bersama kementerian terkait di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/7).

Hatta mengatakan komoditas yang diimpor di antaranya cabai rawit dan bawang merah. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krishnamurti, impor cabai sebanyak 9.715 ton dan bawang merah 16.781 ton untuk semester kedua mulai Juli hingga Desember 2013.

Hatta berharap jumlah impor yang telah dimasukkan dalam data Kemendag tersebut dapat segera menurunkan dan menstabilkan harga. Dia juga mengatakan kurangnya pasokan cabai rawit dan bawang merah disebabkan bukan hanya permintaan, melainkan cuaca yang menghambat panen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement