Selasa 09 Jul 2013 13:55 WIB

Kendalikan Harga, Mendag: Kami Sudah Ikuti Perintah Menko Perekonomian

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan sedang berbincang dengan salah satu pedagang daging di Pasar Tebet Barat, Kamis (27/6).
Foto: mg05/Atikah Rahmadyasti
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan sedang berbincang dengan salah satu pedagang daging di Pasar Tebet Barat, Kamis (27/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengaku sudah mengikuti instruksi dari Menko Perekonomian Hatta Rajasa untuk kendalikan harga. Menurut Gita, pihaknya sudah mengikuti perintah Hatta untuk kendalikan harga barang-barang yang naik menjelang puasa diantaranya menambah stok pasokan.

“Namun secara teknisnya membutuhkan beberapa rekomendasi yang juga harus dari kementerian atau lembaga teknis,” ujarnya dalam pesan singkat yang diterima ROL, Selasa (9/7). Saat ini, tambah Gita, pihaknya telah memperoleh rekomendasi teknis tersebut.

Sebelumnya, Hatta mengatakan bahwa ketersediaan bahan pokok dari sisi pasokan cukup. Meskipun demikian, dia mengakui terjadinya kenaikan harga di kisaran lima persen pada sejumlah komoditas seperti cabai, daging ayam dan lain-lain.

"Ini kita kendalikan dengan cara mempercepat suplai bagi keperluan stok dalam negerinya tidak cukup," ujar Hatta kepada wartawan, Senin (8/7). Dia tidak menampik adanya importasi sejumlah komoditas untuk mengatisipasi lonjakan inflasi.

Dalam kesempatan yang sama, wartawan menanyakan lonjakan harga daging sapi di sejumlah lokasi. Bahkan di Depok, Jawa Barat, dikabarkan harga daging sapi telah menembus Rp 120 ribu per kilogram (kg). Menanggapi pertanyaan itu, Hatta mengatakan, "Itulah sudah tiga bulan yang lalu saya bilang. Tambah stok, tambah stok, kok masih lelet juga?," ucapnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement