Senin 08 Jul 2013 10:51 WIB

Thaksin Niat Beli Saham Bumi

Rep: Friska Yolandha/ Red: A.Syalaby Ichsan
Thaksin Shinawatra
Foto: The Telegraph
Thaksin Shinawatra

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra berniat untuk membeli sebagian saham Bumi Plc. Laporan Sunday Times menyatakan Shinawatra akan membeli 23,8 persen saham Bumi Plc.

Belum jelas harga yang akan dibayarkan oleh perdana menteri Thailand yang digulingkan militer pada 2006 ini. Namun ia telah menyewa jasa UBS untuk keperluan pembelian saham tersebut.

Bumi Plc merupakan perusahaan patungan milik Keluarga Bakrie dan Nathaniel Rothschild. Namun keduanya mengalami perseteruan hebat akibat tuduhan penyimpangan keuangan.

Bumi dan Bakrie memilih untuk berpisah. Akhir tahun lalu Bakrie setuju mengganti 278 juta dolar AS dan sahamnya di Bumi Plc dengan saham PT Bumi Resources Tbk yang dimiliki Bumi Plc. Akan tetapi, kesepakatan ini menimbulkan pertanyaan bagaimana Bakrie akan membayar sejumlah dana tersdebut.

Kehadiran Thaksin menimbulkan kekhawatiran matinya kesepakatan antara Bakrie dan Bumi Plc. Investor juga mengkhawatirkan kesepakatan dengan Thaksin tidak akan menarik. Baik Bumi maupun Thaksin menolak memberikan komentar atas rencana pembelian saham tersebut. Pun halnya juru bicara Bakrie.

Pertengahan tahun ini Chief Executive Bumi Plc Nick von Schirnding mengatakan, Bumi telah menerima jaminan Bakrie memiliki dana yang cukup untuk membayar kekurangan untuk membeli saham Bumi Resources.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement