Kamis 04 Jul 2013 09:18 WIB

Gita Wirjawan: Indonesia Mampu Bersaing dengan Negara Manapun

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan menyatakan Indonesia harus mampu bersaing dengan negara manapun lewat jalan memaksimalkan potensi yang dimiliki dalam semua sektor.

"Kita harus mampu bersaing dengan negara manapun, salah satunya dengan memaksimalkan potensi yang ada di Indonesia," kata Gita di Ternate, Kamis (4/7).

Gita mengatakan untuk memaksimalkan potensi tersebut, Indonesia harus memiliki pendidikan berkualitas agar mampu menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

"Dengan dihasilkannya produk yang berkualitas, maka kita akan mampu bersaing dengan negara manapun, kuncinya adalah bagaimana kita meningkatkan produksi khususnya untuk pertanian serta juga mampu untuk menghasilkan produk manufaktur," ujar Gita.

Ia juga mengatakan perlunya menjaga stabilitas kebutuhan pokok dengan menjaga suplai barang, khususnya untuk wilayah Maluku Utara yang terdiri dari pulau-pulau. Di Ternate, Gita meresmikan pasar tradisional atau pasar rakyat yang dianggapnya merupakan fondasi perekonomian bagi masyarakat.

Menurutnya, pasar tersebut merupakan langkah pemerintah untuk mencari titik temu yang lebih tepat dan efektif agar barang-barang khususnya kebutuhan pokok bisa dijual dengan harga terjangkau.

"Pasar tersebut merupakan titik temu yang efisien antara petani, produsen, dan juga konsumen, dimaa harga barang dan jasa dijual dengan harga terjangkau," kata Gita.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement