Sabtu 29 Jun 2013 13:50 WIB

Hatta: RI Harus Bangun Ekonomi Luar Jawa

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: A.Syalaby Ichsan
Hatta Rajasa
Foto: Antara
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Kordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, untuk menghadapi persaingan global di bidang perekonomian, Indonesia harus memperluas pembangunan ekonomi.

Perekonomian jangan hanya dibangun di Jawa saja, namun ekonomi di luar Jawa juga harus dibangun dan dikembangkan.

Setiap wilayah di Indonesia, ujar Hatta, dari Sabang sampai Merauke harus  dikembangkan produk-produk unggulannya. Perkembangkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi tidak bisa diserahkan hanya kepada mekanisme pasar.

 “Kalau semua diserahkan kepada mekanisme pasar nanti yang berkembang hanya Jawa saja. Investor lebih suka menanam investasi di Jawa karena infrastrukturnya sudah banyak dan lengkap,” kata Hatta di Jakarta, Sabtu, (29/6).

Agar tidak terjadi ketimpangan pembangunan, ujar Hatta, maka harus ada intervensi dari pemerintah. Misalnya pemerintah memberikan insentif fiskal agar investor  mau berinvestasi di luar Jawa.

Selain itu, lanjut Hatta, juga mulai diterapkan special economic zone. Contohnya, di Kalimantan ditemukan batu bara. Batu bara ini bisa dikelola di dalam negeri dijadikan pusat pertumbuhan ekonomi daerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement