Kamis 27 Jun 2013 14:23 WIB

Bosch Akan Bangun Pabrik Komponen Otomotif di Indonesia

Komponen otomotif
Foto: antara
Komponen otomotif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan penyedia teknologi, Bosch akan melakukan investasi di Indonesia dengan membangun pabrik komponen otomotif di sekitar Jakarta dan mulai berproduksi pada 2014. "Fasilitas produksi kami akan membantu pabrikan otomotif karena keunggulan lokasi yang lebih dekat, serta dapat memasok mereka dengan teknologi terkini," kata Direktur Pelaksana Bosch Indonesia, Rudy Karimun dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (27/6).

Bosch merencanakan investasi sebesar lebih dari 10 juta euro untuk pendirian fasilitas pabrik pertamanya di Indonesia itu. Pabrik tersebut akan memproduksi komponen-komponen otomotif terutama untuk pabrikan mobil Jepang di Indonesia. Bosch merencanakan untuk merekrut lebih dari 120 eksekutif dalam tiga tahun ke depan.

Menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di Indonesia pada kuartal pertama 2013 meningkat 18 persen. "Sebagai negara dengan penduduk terbanyak ke empat di dunia dengan permintaan domestik yang kuat dan meningkatnya kemakmuran masyarakat, Indonesia akan segera menjadi pasar yang meminati produk-produk berkualitas tinggi," tutur Rudy.

Sementara itu Presiden Bosch untuk Asia Tenggara, Martin Hayes menyebutkan pendirian fasilitas produksi itu merupakan langkah penting yang dinantikan untuk bisnis di Indonesia dan merupakan langkah pengembangan bisnis Bosch di Asia Tenggara. "Asia Tenggara adalah kawasan yang berkembang paling pesat bagi Bosch. Pengembangan di Asia Tenggara dengan memanfaatkan kemampuan kami dalam bidang pabrikasi dapat mempertegas potensi pertumbuhan yang kami lihat di wilayah ini,"ujarnya.

Bosch memperkirakan pada tahun 2016, jumlah volume produksi mobil di negara berkembang, khususnya yang diproduksi oleh pembuat mobil asal Jepang, akan melampaui volume produksi di negara-negara maju. Perusahaan-perusahaan Jepang meningkatkan belanja modal mereka keluar negeri, khususnya di negara dengan ekonomi berkembang seperti di Asia Tenggara.

Bosch pertama kali beraktivitas di Indonesia pada 1922 dan saat ini diwakili oleh PT Robert Bosch, PT Bosch Rexroth dan perusahaan joint venture, BSH Home Appliances Pte Ltd. Bidang usaha utama Bosch di Indonesia terdiri dari Automotive Aftermarket, Automotive Original Equipment, Security Systems, Drive and Control, dan Thermotechnology.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement